Jumat, 05 Mar 2021 14:00 WIB

Varian COVID-19 B117 di Depan Mata, Kemenkes: Jangan Asal Pakai Masker

Firdaus Anwar - detikHealth
masker (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Indonesia melaporkan dua kasus varian baru Corona B117 di daerah Karawang. Varian yang pertama kali dilaporkan Inggris ini jadi perhatian karena disebut bersifat lebih mudah menular daripada varian sebelumnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik dan khawatir berlebihan terkait kabar temuan varian COVID-19 B117. Pasalnya varian ini tidak terbukti menyebabkan gejala infeksi yang lebih berat.

Upaya pencegahannya pun kurang lebih sama yaitu penerapan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M). Hanya saja kali ini penerapannya memang harus lebih disiplin atau ketat untuk menyesuaikan kemampuan penularan virus.

Oscar memberi contoh misalnya kebiasaan memakai masker. Diharapkan tidak ada lagi warga yang sembarangan memakai masker, asal 'menempel' di wajah.

"Tidak usah resah, namun tetap waspada. Kuatkan proteksi diri dengan 3M tadi. Pilih masker yang benar, jangan asal sembarangan saja pakai masker," kata Oscar dalam program Siaran Radio Kesehatan, Jumat (5/3/2021).

Satgas Pengendalian COVID-19 sebelumnya ikut mengutip rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) tentang penggunaan masker dobel atau dirangkap. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan filtrasi dan mencegah COVID-19 dengan lebih baik.

Dikutip dari situs resmi CDC, pedoman yang diperbarui pada 10 Februari 2021 tersebut menyarankan pemakaian masker medis ditambah masker kain. Pastikan masker kain yang dipakai dapat menutup dan menekan sisi-sisi samping maser medis pada wajah.

"Jangan pakai dua masker medis sekali pakai bersamaan. Masker ini tidak dirancang untuk bisa menutup pas di wajah, sehingga memakai lebih dari satu tidak akan menambah keketatan pemakaian masker," tulis CDC.



Simak Video "Cara Cek Masker Medismu Agar Tidak Salah Beli"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI