Sabtu, 06 Mar 2021 09:01 WIB

Momen Emil Salim Eks Menteri Lingkungan Hidup Vaksinasi COVID-19 di Umur 91

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Emil Salim Emil Salim. (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta -

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik. Pemerintah menargetkan 22 juta lansia bisa terima vaksin COVID-19.

Salah satu lansia yang terdaftar mengikuti program vaksinasi COVID-19 yakni Prof Dr Emil Salim, MA, 91 tahun, yang juga mantan Menteri Lingkungan Hidup era Presiden Soeharto. Ia mendapat vaksin di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BPPK) Jakarta Kampus Hang Jebat, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Sebelum disuntik, Emil dengan sabar mengikuti proses vaksinasi mulai dari registrasi, skrining, sampai momen penyuntikan. Petugas medis memeriksa tekanan darah Emil Salim, mengecek suhu, dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait kondisi kesehatannya.

Emil SalimEmil Salim Eks Menteri Lingkungan Hidup. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

"Tensinya 135 ya pak," ujar salah satu petugas kesehatan kepada Emil Salim.

Setelah itu, Emil Salim diarahkan menuju meja selanjutnya untuk disuntik. Di meja ini, ia diajak mengobrol oleh petugas kesehatan sehingga proses penyuntikan menurutnya sama sekali tak berasa.

"Oh sudah selesai? Cepat ya," kata pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI ke-3 pada 2010-2014 itu.

Setelah menerima dosis vaksin yang pertama, ia diarahkan menuju ruang observasi sembari menunggu 30 menit. Emil Salim mengaku tidak mengalami keluhan saat observasi dan diizinkan pulang tak lama setelahnya.

"Saya tidak berasa apa-apa baru saja yang menggulung tangan baju udah disuruh turunkan lagi," kelakarnya.



Simak Video "Hampir 100 Tahun, Ini Dia Penerima Vaksin Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)