Sabtu, 06 Mar 2021 14:19 WIB

Terpopuler Sepekan: Cara Melindungi Diri dari Varian Baru Corona B117

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Ilustrasi Bermasker Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Varian baru Corona B117 asal Inggris sudah masuk Indonesia. Kabar ini disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono pada pernginatan pandemi Corona di Indonesia.

"Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ungkap dr Dante pada konferensi pers setahun pandemi Corona RI, selasa (2/3/2021).

Diketahui dua kasus varian baru corona B117 tersebut ditemukan di Karawang. Mereka adalah TKI yang dating dari Arab Saudi, (M) asal kecamatan Lemah Abang dan (A) asal kecamatan Pedes. Keduanya menggunakan pesawat yang berbeda.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio menyebut varian baru Corona Inggris B117 sebenarnya sudah ditemukan di RI beberapa minggu lalu.

Prof Amin menyebut varian baru corona Inggris B117 bisa mengganggu hasil tes PCR. Sehingga, ia menegaskan pihak Eijkman dan Litbangkes tengah membentuk satu tim khusus untuk terus memantau temuan varian baru Corona Inggris.

Untuk menjaga fasilitas kesehatan agar tidak kolaps, melindungi diri dari virus Corona B117 amat penting. Berikut enam cara untuk melindungi diri dari varian baru viris corona B117.

1. Membatasi mobilitas

Sebisa mungkin batasi aktivitas bertemu dengan orang banyak. Hal ini demi menghindari kerumunan yang bisa memicu penularan COVID-19 semakin tinggi.

2. Mengurangi waktu berbelanja di luar rumah

Sering datang ke pusat perbelanjaan membuat diri menjadi lebih sering terpapar lingkungan dan orang-orang yang mungkin membawa virus.

Selengkapnya bisa baca DI SINI



Simak Video "Dokumen Studi WHO-China soal Sumber Corona Segera Dirilis ke Publik"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)