Minggu, 07 Mar 2021 10:16 WIB

Sosok-sosok Lansia RI yang Suntik Vaksin COVID-19 di Atas Umur 90 Tahun

Tim detikHealth - detikHealth
Eks Mentamben Dr Subroto mendapat Vaksin COVID-19, Jumat (5/3/2021) Eks Mentamben era Order Baru, Prof Dr Soebroto, mendapat vaksin COVID-19 (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta -

Tahap kedua vaksinasi COVID-19 di Indonesia mulai menyasar para lansia atau lanjut usia. Beberapa di antaranya sudah berusia di atas 90 tahun, bahkan ada yang mendekati seabad.

Lansia masuk ke dalam prioritas vaksinasi setelah petugas kesehatan karena dinilai termasuk kelompok yang rentan terinfeksi maupun rentan mengalami dampak fatal. Kematian tertinggi pada infeksi COVID-19 terjadi di kelompok ini.

Di awal-awal vaksinasi, penyuntikan vaksin COVID-19 pada lansia sempat menjadi kontroversi. Ketika itu, belum ada satupun vaksin yang diujikan pada lansia, sehingga keamanannya belum terjamin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pada awal Februari 2021 akhirnya menyetujui pemberian vaksin Coronavax buatan Sinovac pada usia 60 tahun ke atas. Persetujuan ini didasarkan pada hasil analisis interim uji klinis di China.

Meski demikian, BPOM memberi catatan untuk berhati-hati pada usia 70 tahun ke atas. Dibutuhkan pendampingan khusus saat screening di usia tersebut.

"Data yang kami terima berdasarkan hasil uji klinis di Brasil untuk fase 3 adalah sampai usia 70 tahun," jelas Kepala BPOM RI Penny K Lukito, Minggu (7/2/2021).

Sosok-sosok yang sudah mendapat vaksin COVID-19 di atas usia 90 tahun antara lain sebagai berikut:

1. Eks Mentamben Dr Soebroto, 98 tahun

Menteri Pertambangan dan Energi (Mentamben) era Soeharto, Prof Dr Subroto, mendapatkan suntikan pertama vaksin Sinovac di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Kampus hang Jebat, Jakarta Selatan, Jumat (5/3/2021).

"Tidak sakit, terasa normal. Sekarang malah tambah semangat," katanya seusai penyuntikan.

Prof Subroto yang menjabat sebagai Mentamben pada periode 1978-1988 ini mendapat suntikan vaksin COVID-19 di usia 98 tahun.

Emil SalimProf Emil Salim menjalani screening sebelum suntik vaksin COVID-19 di usia 91 tahun. Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

Selain Prof Subroto juga ada Prof Emil Salim yang juga mendapat vaksin di atas usia 90 tahun. Bahkan lansia tertua yang menerima vaksin COVID-19, Siti Rumende Harahap, akan merayakan ultah ke-100 tahun ini. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2