Senin, 08 Mar 2021 10:18 WIB

COVID-19 Disebut Sangat Mungkin Jadi Endemik di RI, Apa Bedanya dengan Pandemi?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
COVID-19 named by WHO for Novel coronavirus NCP concept. Doctor or lab technician in PPE suit holding blood sample with novel (new) coronavirus  in Wuhan, Hubei Province, China, medical and healthcare Ilustrasi COVID-19. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpak Khunatorn)
Jakarta -

Beberapa pakar meyakini pandemi COVID-19 kemungkinan besar akan menjadi penyakit endemik. Hal ini juga diyakini pakar epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman.

Dicky juga sudah memprediksi COVID-19 menjadi penyakit endemik sejak Mei lalu. Dengan melihat perkembangan dan mutasi COVID-19 saat ini, ia semakin yakin hal tersebut mungkin terjadi.

"Nah, saat ini kecenderungannya (menjadi endemik) semakin kuat apalagi dengan munculnya strain baru ini apa mutasinya begitu cepat banyak strain belum lagi ada potensi perburukan situasi," kata Dicky kepada detikcom.

Tak hanya itu, Dicky juga memprediksi COVID-19 sangat mungkin menjadi penyakit endemik di Indonesia. Ini karena inti dari indikator suatu penyakit akan menjadi endemik adalah angka reproduksi. Saat suatu wilayah atau negara sulit mencapai angka tersebut di bawah satu, kemungkinan besar penyakit termasuk COVID-19 ini akan menjadi endemik.

"Dia tidak pernah atau sulit mencapai di bawah 1 walaupun itu bisa terjadi di beberapa wilayah di bawah 1 ya bahkan seperti di Australia," ujarnya.

Apa perbedaan antara endemik dan pandemi?

Pandemi

Dalam istilah epidemiologi, pandemi merupakan sebuah penyakit yang mewabah di sebagian besar dunia dalam waktu yang bersamaan. Sebelum COVID-19 merebak luas, penyakit ini dinyatakan sebagai epidemi.

Dikutip dari MedicalXpress, adapun beberapa penyakit lain yang sempat menjadi pandemi yaitu:

  • Flu Spanyol 1918
  • Flu Asia 1956
  • HIV-AIDS
  • Flu Babi

Lalu, bagaimana dengan penyakit endemik? Berikut penjelasannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seperti Flu Tahunan, Corona Diprediksi Bakal Jadi Endemik "
[Gambas:Video 20detik]