Senin, 08 Mar 2021 14:00 WIB

Beda dari Anjuran WHO, Riset Ini Sebut Pakai Masker Aman untuk Olahraga

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi jaga jarak dan pakai masker Beda dari anjuran WHO, riset ini sebut maker aman dipakai saat berolahraga. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Maridav)
Jakarta -

Penggunaan masker saat berolahraga disebut menurunkan kemampuan melakukan olahraga berat hingga 10 persen. Namun riset lain menyebut, penggunaan masker saat berolahraga sebenarnya tidak terbukti berbahaya. Bahkan, justru efektif mencegah penularan virus pada aktivitas olahraga dalam ruangan.

Hal ini disampaikan oleh peneliti dari Manzino Cardiology Center (CCM) di University of Milan. Penelitian terkait pengaruh penggunaan masker saat berolahraga ini mengkaji kerja sistem pernapasan, jantung, tekanan darah, dan kadar oksigen.

"Penurunan (kemampuan) ini tidak menunjukan risiko bagi orang sehat yang melakukan olahraga sambil menggunakan masker wajah, bahkan ketika mereka bekerja dengan kapasitas tertinggi," ujar ahli jantung di CCM dr Massimo Mapelli, dikutip dari The Guardian, Senin (8/3/2021).

Namun, keamanan penggunaan masker saat berolahraga ini tak bisa disamakan untuk orang-orang dengan gangguan jantung dan pernapasan. Peneliti menyebut, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mencari tau perlu-tidaknya penggunaan masker saat berolahraga oleh pengidap penyakit jantung dan pernapasan.

Catatan pentingnya, hasil riset ini berbeda dengan yang disampaikan World Health Organization (WHO) terkait boleh-tidaknya penggunaan masker saat berolahraga.

Pada Juni 2020, WHO menganjurkan agar masker dilepas saat berolahraga di luar ruangan. Pasalnya selain membuat 'engap', masker bisa menjadi basah karena keringat dan memudahkan pertumbuhan mikroorganisme.

Sejalan dengan penelitian yang dipublikasi oleh European Respiratory Journal, menggunakan masker justru bisa menurunkan kinerja hingga 10 persen. Sebab, pernapasan tak bisa maksimal terhalang oleh masker.



Simak Video "KuTips: Cara Bedakan Masker Bedah Asli vs Palsu!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)