Senin, 08 Mar 2021 20:58 WIB

Ada Tambahan 4 Kasus Corona B117, Ini Hasil Penelusuran Kontak Eratnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
B.1.1.7, Mutation, Coronavirus, England, B117, European Union Varian Corona B117 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Enes Evren)
Jakarta -

Pemerintah kembali mengidentifikasi kasus varian Corona B117 di Indonesia. Ada 4 kasus tambahan yang dilaporkan dan tersebar di 4 provinsi.

"Hasil kerja sama lab antara Kemenkes dengan Kemenristek/BRIN sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi, yaitu satu di Palembang, Sumatera Selatan tanggal 11 Januari," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (8/3/2021).

"Kemudian, satu lagi ada di Kalimantan Selatan tanggal 6 Januari. Satu juga di Balikpapan, Kalimantan Timur, dari 12 Februari. Kemudian yang keempat di Medan, Sumatera Utara pada 28 Januari," lanjutnya.

Bagaimana dengan kontak eratnya?

Menurut Menkes Budi, saat ini masih melakukan contact tracing terkait 4 kasus tersebut. "Sekarang kita sedang melakukan survailans terhadap kontak eratnya mereka dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan di-genome sequencing," jelas Menkes Budi.

Sementara itu, Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa tidak ada satupun kontak erat dari 4 kasus Corona B117 ini yang menunjukkan gejala COVID-19.

"Pelacakan kasus terhadap 4 kasus ini dan tidak ada yang kemudian memiliki gejala COVID-19. Kita juga sudah melakukan pengambilan sampel terhadap 4 kasus ini dan sedang dalam proses pemeriksaan lebih lanjut," ungkap dr Nadia dalam kesempatan yang berbeda, Senin (8/3/2021).



Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)