Selasa, 09 Mar 2021 05:02 WIB

Ada 4 Kasus Baru Corona B117, Ini Pesan Kemenkes Agar Tak Makin Menyebar

Ayunda Septiani - detikHealth
B.1.1.7, Mutation, Coronavirus, England, B117 Varian 'Inggris' Corona B117 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Malik Evren)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada 4 kasus tambahan terkait varian baru virus Corona B117. Budi menyebut, 4 kasus ini tidak ada kaitannya dengan 2 kasus yang sebelumnya terdeteksi di Karawang, Jawa Barat.

"Untuk varian baru yang dari London memang di luar dari yang dua yang sudah kita identifikasi. Hasil kerja sama lab antara Kemenkes dengan Kemenristek/BRIN sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi," jelas Menkes Budi dalam konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Terkait ditemukannya 4 kasus tambahan varian Corona B117, Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular dr Siti Nadi Tarmizi mengingatkan masyarakat agar semakin waspada untuk ke depannya.

Ditambah lagi dengan adanya hari libur dalam rangka memperingati Isra Miraj yang jatuh pada Kamis (8/3/2021), pemerintah meminta untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Menghimbau masyarakat untuk tetap terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, termasuk di masa liburan tersebut mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian," terang dr Nadia dalam konferensi pers Kemenkes RI Selasa (8/3/2021).

Nadia juga menjelaskan, dengan adanya varian baru Corona B117 yang terdeteksi di Indonesia, diharapkan masyarakat agar terhindar dari varian B117 dan selalu tegap dan tidak pernah kendor untuk menerapkan 3M.

"Tentunya upaya pencegahan yang selama ini kita lakukan dan kita ketahui, diharapkan tetap disiplin melaksanakan 3M," pungkas Nadia.



Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)