Selasa, 09 Mar 2021 09:40 WIB

Kabar Baik! Uji Awal Vaksin Sinovac dan AstraZeneca Efektif pada 'Mutasi Brasil'

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
covid-19 disease caused by the coronavirus contaminating Brazil. National flag flying with virus. 3D rendering Varian Corona Mutasi Brasil (Foto: Getty Images/iStockphoto/Gilnature)
Jakarta -

Merebaknya beragam varian baru Corona memicu kekhawatiran vaksin Corona yang ada tak efektif melawan mutasi hingga varian baru. Namun, kabar baik datang dari vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Menurut laporan Reuters, vaksin Corona AstraZeneca mampu melawan varian Corona P1 yang kerap disebut 'mutasi Brasil'.

"Studi pendahuluan menunjukkan vaksin AstraZeneca akan melindungi terhadap varian P1 dari virus korona, Mauricio Zuma," jelas kepala produksi di institut biomedis Fiocruz Brasil mengatakan pada hari Senin kepada Reuters,

Varian Brasil belakangan memicu kekhawatiran para ahli lantaran sangat menular dan telah menyebabkan beberapa negara melarang perjalanan dari Brasil. Tak hanya vaksin Corona AstraZeneca yang disebut efektif pada 'mutasi Brasil', vaksin Sinovac juga menunjukkan hal yang sama di studi awal vaksin.

"Data awal dari sebuah studi di Brasil menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh China Sinovac Biotech Ltd efektif melawan varian P1 dari virus yang pertama kali ditemukan di Brasil," jelas sumber yang melihat studi tersebut mengatakan kepada Reuters pada hari Senin.

Namun, sumber tersebut tidak merincikan data detail terkait penelitian berapa banyak orang yang terlibat dalam studi dan hasil efikasi awal vaksin terhadap varian Corona P1 Brasil atau 'mutasi Brasil'.



Simak Video "Kapan Vaksin COVID-19 Harus Diganti?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)