Selasa, 09 Mar 2021 15:30 WIB

CDC Bolehkan Warga AS yang Sudah Divaksin Kumpul-kumpul Tanpa Masker

Ayunda Septiani - detikHealth
Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26/05) mengatakan bahwa Benua Amerika kini dianggap sebagai pusat baru pandemi virus Corona. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah mengumumkan bahwa warga Amerika yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh dapat kembali beraktivitas seperti keadaan normal.

Dikutip dari laman BBC, menurut pedoman baru CDC menyebut, mereka yang sudah menerima suntikan dosis vaksin boleh mengunjungi orang yang telah divaksinasi juga dan beberapa orang yang tidak divaksinasi.

Menurut pedoman tersebut, mereka yang sudah divaksin dianggap terlindungi dua minggu setelah mereka mendapatkan dosis terakhir dari vaksin mereka.

Data yang dihimpun dari BBC menunjukkan, saat ini, lebih dari 30 juta warga Amerika telah divaksinasi penuh.

Pejabat kesehatan setempat mengumumkan pedoman keselamatan baru pada pengarahan gugus tugas virus Corona Gedung Putih hari Senin (8/3/2021).

Pedoman CDC itu mengatakan, warga Amerika Serikat yang divaksinasi penuh dapat:

- Bertemu di dalam ruangan dengan orang lain yang divaksinasi lengkap tanpa masker atau jarak sosial

- Bertemu di dalam ruangan dengan orang yang tidak divaksinasi dari satu keluarga, jika mereka berisiko rendah terkena penyakit parah akibat virus

- Melewati pengujian atau karantina saat terpapar COVID-19, kecuali ada gejala yang muncul

"Kami mulai menggambarkan seperti apa dunia ini saat kami bergerak melampaui COVID-19," jelas penasihat senior Andy Slavitt.

"Karena semakin banyak orang mendapatkan vaksinasi, daftar aktivitas akan terus bertambah," tambahnya.

Mereka yang divaksinasi tetap diwajibkan untuk mengikuti langkah-langkah keamanan dasar lainnya, seperti memakai masker dan menjaga jarak di depan umum serta menghindari kerumunan dan perjalanan.

Pedoman tersebut juga menyerukan untuk menutupi dan menjauhkan dari mereka yang tidak divaksinasi dan yang mungkin berisiko tinggi mengalami komplikasi serius terkait COVID-19.



Simak Video "Aturan Baru CDC soal Tanpa Masker di Luar Ruangan Jika Sudah Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)