Rabu, 10 Mar 2021 09:00 WIB

Sudah Ada 6 Kasus di RI, Mungkinkah Corona B117 Jadi Varian Dominan?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
B.1.1.7, Mutation, Coronavirus, England, B117, European Union Virus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Enes Evren)
Jakarta -

Varian Corona B117 sudah ditemukan di beberapa wilayah Indonesia termasuk DKI Jakarta. Beberapa kasus di antaranya tercatat sejak Januari lalu.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio menyebut, total 6 sampel Corona B117 di Indonesia. Selain DKI Jakarta, kasus tersebar di Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Mungkinkah Corona B117 sebenarnya sudah mendominasi?

Menurut Prof Amin, belum ada data yang cukup kuat untuk menyimpulkan Corona B117 sudah mendominasi. Hingga saat ini, dari lebih 500 sampel yang disequens, baru ada 6 laporan Corona B117.

"Kalau kita sudah punya ribuan ya mungkin proporsinya akan berubah, tapi saat ini kita masih belum bisa konfirmasi apakah mendominasi atau tidak atau menyebarnya sudah sampai mana belum cukup datanya," beber Prof Amin.

Maka dari itu, Prof Amin menargetkan tahun ini bisa melakukan sequens pada 10 ribu virus, untuk melihat seberapa jauh penyebaran Corona B117. Sejauh ini, hal yang paling menonjol pada Corona B117 adalah varian yang terbukti lebih cepat menular.

Apakah artinya satu orang bisa menularkan Corona ke dua hingga tiga orang atau lebih?

"Yang dikhawatirkan itu, angka reproduksinya jadi semakin tinggi hanya saja secara epidemiologi itu belum ada bukti ilmiah yang kuat," jelas Prof Amin.

Sebelumnya, Riza Arief Putranto, peneliti genomik molekuler dan anggota Konsorsium COVID-19 Genomics UK, mengatakan bahwa varian Corona B117 berpotensi menggantikan varian dominan saat ini. Jika benar menjadi varian dominan, maka siklus pandemi bisa berulang.

"B117 itu lebih cepat, kemungkinan besar hampir peneliti-peneliti besar di dunia memprediksi varian ini akan menggantikan varian yang dominan saat ini," beber Riza dalam diskusi CISDI, Sabtu (6/3/2021).

"Kalau dia dominan, lebih cepat, risikonya apa, akan lebih banyak orang ke rumah sakit, akan berulang lagi siklus yang kita alami di awal dulu pandemi," sebutnya.



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)