Selasa, 09 Mar 2021 05:50 WIB

Round Up

Jejak Corona B117 di 5 Provinsi, Sudah Terendus Sejak Januari

Ardela Nabila - detikHealth
Di Asia, Negara Mana Saja yang Sudah Temukan Corona B117? Cek di Sini Virus Corona B117 (Foto: infografis detikHealth)
Jakarta -

Empat kasus tambahan infeksi varian baru Corona B117 kembali ditemukan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Disebutkan oleh Menkes Budi, empat kasus baru ini ditemukan setelah Kemenkes melakukan pemeriksaan genome sequencing dan tidak terkait dengan dua kasus sebelumnya yang dilaporkan di Karawang, Jawa Barat.

Berikut rincian jejak varian Corona B117 di lima wilayah RI:

1. Karawang, Jawa Barat

Dua kasus pertama varian Corona B117 di Indonesia dilaporkan ditemukan di Karawang, Jawa Barat bertepatan dengan satu tahun pandemi COVID-19 di Indonesia. Menurut laporan, kedua kasus tersebut ditemukan pada dua TKW yang baru saja tiba dari Arab Saudi.

Kedua orang berinisial M (40) dan A (45) ini dilaporkan tiba di Indonesia dari Arab Saudi pada waktu yang berbeda, yaitu pada 28 dan 31 Januari. M yang tiba terlebih dahulu dinyatakan positif COVID-19 bersama tujuh dari 49 penumpang lainnya dalam penerbangan menggunakan Qatar Airways.

M dinyatakan positif varian Corona B117 usai dilakukan pemeriksaan hasil tes di Litbangkes. Sementara itu, A yang datang pada 31 Januari dinyatakan positif COVID-19 bersama empat dari 33 penumpang lainnya dalam penerbangan menggunakan pesawat Garuda, di mana A dinyatakan positif varian Corona B117.

Saat ini, keduanya telah dinyatakan negatif dari strain baru asal Inggris tersebut usai menjalani isolasi di DKI Jakarta. Sebelumnya, kedua orang yang terinfeksi varian B117 itu hanya mengalami gejala berupa batuk dan demam.

2. Palembang, Sumatera Selatan

Satu dari empat kasus baru Corona B117 yang diumumkan oleh Menkes Budi berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Disebutkan, kasus tersebut ditemukan di Palembang pada 11 Januari lalu.

3. Kalimantan Selatan

Di Kalimantan Selatan, ditemukan satu orang yang dinyatakan terinfeksi varian Corona B117 pada 6 Januari 2021. Hal ini turut diungkap oleh Menkes Budi dalam konferensi pers Senin (8/3/2021).

4. Balikpapan, Kalimantan Timur

Ditemukan pada 12 Februari, kasus terinfeksi varian Corona B117 ditemukan di Balikpapan, Kalimantan Timur setelah hasil tes genome sequencing menyatakan positif.

5. Medan, Sumatera Utara

Wilayah lainnya yang juga terdapat laporan kasus varian Corona B117 adalah Medan, Sumatera Utara, yakni pada 28 Januari. Sama dengan ketiga orang yang ditemukan di Palembang, Kalsel, dan Balikpapan, saat ini keempat orang tersebut diketahui telah dinyatakan sembuh dari varian tersebut.

Menkes Budi juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan contact tracing kepada keempat kasus baru tersebut untuk kemudian dilakukan genom sequencing.



Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)