Rabu, 10 Mar 2021 10:04 WIB

Pakar Ini Perkirakan Corona B117 Sudah Masuk RI Sejak Tahun Lalu

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point. Foto: Getty Images/iStockphoto/serts
Jakarta -

Pakar epidemiologi Pandu Riono memprediksi Corona B117 sebenarnya sudah menyebar sejak tahun lalu. Menurutnya, pelonggaran kebijakan tahun lalu di pintu masuk RI membuat Indonesia akhirnya 'kecolongan'.

"Itu kan ditemukan Bulan Januari, iya artinya sudah masuk tahun lalu, kita nggak mungkin lah baru masuk Januari. Kebijakan-kebijakan kita yang sangat longgar itu terjadi tahun lalu dan virus itu juga sudah bermutasi tahun lalu," kata Pandu saat dihubungi detikcom Rabu (10/3/2021).

Bukan soal kapasitas surveilans genomic, Pandu menyayangkan kebijakan pemerintah soal keluar-masuknya WNA maupun WNI yang kala itu bisa keluar bandara asal mengantongi surat negatif COVID-19 PCR.

Aturan yang kemudian diperketat di pertengahan Januari dinilai Pandu sudah terlambat. Terlebih Corona B117 sudah menyebar ke sejumlah negara, termasuk Asia pada 2020.

"Seharusnya dari dulu itu setiap masuk ke Indonesia harus karantina, tapi kan kemudian ada perubahan di mana yang kalau membawa surat PCR negatif bisa keluar dari bandara," lanjutnya.

Pandu mendesak agar kebijakan pemerintah bisa terus konsisten dalam menjalankan aturan wajib karantina untuk setiap WNA maupun WNI yang akan masuk Indonesia.

"Kemudian baru ada pengetatan lagi pada pertengahan Januari, iya sudah terlambat lah," jelasnya.

Total Corona B117 di Indonesia hingga saat ini mencapai 6 kasus. Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio meningkatkan target sequens genomic dari mulanya 1.000 virus menjadi 10 ribu virus di tahun ini.

Prof Amin belum bisa memastikan seberapa jauh Corona B117 sudah menyebar hingga saat ini karena data yang ditemukan belum kuat.

"Kalau kita sudah punya ribuan (sequens) ya mungkin proporsinya akan berubah, tapi saat ini kita masih belum bisa konfirmasi apakah mendominasi atau tidak atau menyebarnya sudah sampai mana belum cukup datanya," beber Prof Amin saat dihubungi terpisah, Selasa (9/3/2021).



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)