Jumat, 12 Mar 2021 08:00 WIB

Vaksin Novavax 96 Persen Efektif Tangkal Corona, 86 Persen Lawan B117

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
United Kingdom, British flag on the COVID-19, coronavirus, virus one side is dark, one side is bright Vaksin COVID-19 Novavax disebut efektif melawan varian B117. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/s-cphoto)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan perusahaan Novavax terbukti 86 persen efektif mengatasi varian baru virus Corona Inggris. Tak hanya itu, vaksin ini juga 96 persen efektif mencegah infeksi yang disebabkan varian virus Corona yang asli.

Hasil tersebut diketahui dalam uji klinis tahap akhir yang dilakukan di Inggris.

Dikutip dari Reuters, dari data gabungan orang yang terinfeksi kedua varian virus Corona mengungkap, vaksin Novavax ini secara keseluruhan 90 persen efektif.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa tidak ada penyakit parah atau kasus kematian pada relawan yang menerima suntikan vaksin Novavax. Relawan yang ikut serta dalam uji coba di Inggris tersebut mencapai lebih dari 15 ribu orang, yang terdiri dari usia 18-84 tahun.

Sementara itu, dalam uji coba yang skalanya lebih kecil di Afrika Selatan, efikasi vaksin Novavax ini hanya mencapai 55 persen. Tetapi, angka tersebut masih memenuhi syarat untuk mencegah penyebaran penyakit dan kematian akibat COVID-19.

Namun, efektivitas Novavax dalam uji coba di Afrika Selatan ini menurun menjadi sekitar 49 persen, saat hasil analisis menyertakan data dari relawan yang terpapar COVID-19 dan dinyatakan positif HIV.

Dengan data efikasi ini, vaksin Novavax akan mengajukan otorisasi izin penggunaan darurat di berbagai negara. Tetapi, mungkin bisa membutuhkan waktu yang lebih lama jika regulator meminta data uji coba yang sedang berlangsung di Amerika Serikat (AS), yang kemungkinan baru bisa didapat awal bulan April.

"Pada akhirnya, mereka harus memutuskan apakah data yang dapat kami bawa ke meja sudah memadai atau apakah mereka memilih menunggu data dari studi kami di Amerika Serikat," kata Kepala Petugas Medis Novavax Filip Dubovsky.



Simak Video "Vaksin Novavax Diklaim 90% Ampuh Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)