Sabtu, 13 Mar 2021 13:47 WIB

Korban Broadcast, Ditolak di Sentra Vaksinasi Istora Gara-gara Faktor Usia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sentra Vaksinasi Bersama Informasi resmi yang disampaikan di media sosial menyebut Sentra Vaksinasi Bersama BUMN hanya untuk lansia ber-KTP DKI dan frontliner BUMN. (Foto: IG @sentravaksinasibersamabumn)
Jakarta -

Berbagai broadcast viral membuat informasi tentang Sentra Vaksinasi Bersama BUMN simpang siur. Salah satu broadcast menyebut, kegiatan ini juga melayani usia 4-60 tahun, bahkan di bawah 40 tahun.

Penggalan broadcast yang mengatakan demikian adalah sebagai berikut:

Vaksin nasional di Istora Senayan, Jakarta
Setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu
Pukul : 8.00 SD 16.00
KTP NON-DKI bisa juga
Lansia, pagi hari
Di bawah 60 tahun, siang hari
GO SHOW saja, tanpa daftar2

Bawa:
- KTP
- Pulpen
- Air minum

Pintu A: Usia 60 ke atas
Pintu B: 40-60
Pintu C: 40 ke bawah

Simpang siur informasi tentang Sentra Vaksinasi BersamaSimpang siur informasi tentang Sentra Vaksinasi Bersama BUMN membuat banyak lansia luar DKI ikut mengantre. Foto: detikHealth

Dipastikan, informasi ini tidak valid alias hoax. Salah satu korbannya adalah Romauli, pria berusia 56 tahun asal Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Berbekal informasi viral, ia nekat datang ke Istora Senayan untuk mendapat vaksinasi.

Meski mengantongi KTP DKI Jakarta, pria ini harus rela ditolak karena ternyata usianya tidak masuk kriteria. Selain untuk pegawai BUMN, Sentra Vaksinasi Bersama BUMN hanya melayani lansia umur 60 tahun ke atas.

"Saya dari Pesanggrahan, KTP DKI juga kan. Eh, sampai sini baru masuk, mau isi formulir diarahkan untuk pulang lagi karena usia saya belum memenuhi syarat," katanya pada detikcom, Sabtu (13/3/2021).

Para lansia mengantre di Sentra Vaksinasi BersamaPara lansia mengantre di Sentra Vaksinasi Bersama. Foto: detikHealth

Romauli mengatakan, berita yang masih simpang siur ini diketahuinya dari temannya yang sudah lebih dulu divaksin berusia 60 tahun. Akibat broadcast yang diterima temannya itu, ia langsung datang ke Istora Senayan dengan modal KTP dan pulpen.

Romauli membeberkan informasi yang diberitahu temannya itu. Temannya mengatakan kalau lansia usia 40 tahun ke atas bisa divaksin di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora Senayan.

"Dia (temannya) tahu dari WhatsApp, katanya bisa saya divaksin tapi ternyata tidak bisa. Mungkin seumuran saya masuknya ke karyawan BUMN, tapi kan saya bukan," ujar Romauli.

"Ya sudah saya pulang saja karena salah informasi kan. Dari panitianya sih nanti akan diinfokan lagi, kalau memang sudah tersedia untuk seumuran saya," imbuhnya.



Simak Video "Indonesia Kantongi Lebih dari 141 Juta Dosis Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)