Senin, 15 Mar 2021 11:34 WIB

Catat! Ini 5 Gejala COVID-19 yang Bisa Terlihat pada Lidah

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi lidah Beberapa gejala COVID-19 pada lidah. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Saat terinfeksi COVID-19, berbagai gejala bisa saja muncul salah satunya COVID-19 tongue. Gejala ini terjadi pada indra pengecap yaitu bagian lidah.

COVID-19 tongue ini cukup dialami banyak pasien Corona, yang menyebabkan tampilan dan fungsi lidah mengalami perubahan. Untuk mengidentifikasinya pun mungkin akan lebih sulit.

Dikutip dari Times of India, berikut beberapa tanda-tanda untuk mendiagnosis adanya gejala COVID-19 tongue ini.

1. Muncul lesi dan benjolan pada lidah

Jika mengalami infeksi aktif di tubuh, salah satu tanda yang mungkin dialami pada lidah dan gusi adalah munculnya lesi dan benjolan.

Pada beberapa kasus, orang yang terinfeksi juga bisa mengalami luka atau borok yang parah di permukaan lidah. Kondisi ini bisa menjadi tanda infeksi atau alergi tengah berkembang.

Meskipun bisa hilang dalam beberapa waktu, kondisi ini menyebabkan sensasi yang menyakitkan hingga mempengaruhi pola makan orang yang mengalaminya.

2. Mulut terasa kering

Mulut yang terasa kering juga bisa terjadi akibat adanya infeksi virus atau autoimun. Selain itu, mulut kering bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, kekeringan, tukak lidah, infeksi gusi, dan kerusakan gigi.

Jika mengalami kondisi seperti ini, segera konsultasikan ke dokter.

3. Dysgeusia atau perubahan rasa

Dysgeusia atau kerusakan selaput pelangi adalah sensasi yang umum dialami para pasien COVID-19. Terkadang membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu, agar kondisi bisa pulih normal kembali.

Menurut studi kasus, selain mempengaruhi indra penciuman COVID-19 ini bisa menyebabkan perubahan rasa. Pasien Corona akan merasakan rasa logam pada lidah, yang mungkin membuat mereka sulit untuk mencerna makanan hingga mengganggu pola makan sehari-hari.

Pada kasus tertentu, dysgeusia dan hypogeusia (penurunan sensitivitas rasa) bisa muncul lebih awal dari gejala umum COVID-19 lainnya. Untuk itu, segera lakukan tes COVID-19 jika merasa ada rasa yang tidak biasa yang muncul pada lidah.

4. Perubahan sensasi lidah

Iritasi mulut, pembengkakan dan penggandaan patogen di dekat rongga mulut bisa membuat lidah terasa aneh. Kondisi ini juga bisa menyebabkan iritasi pada mulut, membuat bibir dan lidah lebih teriritasi dari biasanya.

5. Perubahan warna pada lidah

Satu tanda lainnya pada lidah jika terinfeksi virus adalah adanya perubahan warna pada lidah yang seharusnya berwarna merah muda.

Warna dan tekstur lidah bisa mengalami perubahan akibat adanya infeksi virus, alergi, atau peradangan bisa menyebabkan benjolan yang signifikan. Pada lidah pasien terkadang juga muncul bercak putih, hitam, atau warna gelap pada lidah.



Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)