Senin, 15 Mar 2021 13:50 WIB

Menkes Sebut Sudah Ada Transmisi Lokal Virus Corona B117

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point. Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Jakarta -

Varian Corona B117 berhasil diidentifikasi di Indonesia usai tes whole genome sequencing ditingkatkan. Melibatkan banyak laboratorium termasuk dari Kemenristek BRIN.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, mulanya testing WGS masih jauh tertinggal dibandingkan sejumlah negara lain. "Beberapa negara setahun bisa 10 ribu testing yang dilakukan," beber Menkes Budi dalam raker bersama Komisi IX DPR RI Senin (15/3/2021).

Lebih lanjut, Menkes Budi menyebut varian Corona B117 sebenarnya sudah masuk Indonesia sejak awal tahun. Beberapa kasus di antaranya merupakan impor, dan kasus lain adalah transmisi atau penularan lokal.

"Adanya varian baru yang sebenarnya sudah masuk di awal tahun, 2 yang pertama dari Saudi Arabia untuk varian B117 dari UK dan 6 sampel kemudian juga diketahui, dua di antaranya juga dari Saudi Arabia dan sudah ada juga yang berasal dari transmisi lokal," lanjut Budi.


Tracing untuk sejumlah kasus Corona B117 sudah dilakukan. Sampai saat ini, Budi menyebut seluruh kontak erat Corona B117 di Indonesia negatif.

Meski begitu, Budi menegaskan, genomic sequencing akan terus ditingkatkan untuk melihat lebih jauh kemungkinan penyebaran varian baru Corona, maupun yang muncul di RI.

"Kita sudah menindaklanjuti untuk tracingnya dan alhamdulillah sampai sekarang semuanya masih negatif," kata Budi.

"Dan sekarang kita akan terus memperbanyak dan memperketat genome sequensing ini, memanfaatkan seluruh jaringan lab yang ada di bawah kami dan Kemenristek BRIN," pungkasnya.

Di luar dua kasus impor dari Arab Saudi, berikut empat kasus Corona B117 di RI yang disebut Menkes Budi:

  • Satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021
  • Satu kasus di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021
  • Satu kasus di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12 Februari 2021
  • Satu kasus di Medan, Sumatera Utara, pada 28 Januari 2021


Simak Video "Pakar Ingatkan Kemungkinan Varian Covid-19 Baru Lahir di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)