Selasa, 16 Mar 2021 21:13 WIB

DI Yogyakarta Kok Belum Gelar Vaksinasi Massal, Ada Apa?

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 untuk pedagang, PKL dan pekerja sektor informal digelar secara massal di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Total ada 19.900 pedagang yang akan divaksin. Vaksin COVID-19 (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut warga lansia yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 masih jauh dari target. Untuk itu Dinkes akan menggelar vaksinasi massal untuk lansia.

"Memang masih minim, itu karena kita belum melaksanakan vaksinasi massal bagi lansia," kata Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (16/3/2021).

Dia menjelaskan, hingga Selasa (16/3/2021) ada 6.854 lansia yang sudah tervaksinasi, dan yang sudah menerima dosis kedua ada 188 orang. Jumlah ini setara 2,3 persen dari target sasaran yakni 295.000.

"Kenapa belum (vaksinasi massal) karena itu butuh pertimbangan dan harus hati-hati," ujarnya.

Pasalnya untuk vaksinasi massal kepada lansia perlu pendampingan ekstra. Seperti halnya menanggulangi adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

"Mungkin buat lansia yang masih usai 60-64 itu tetep bisa, dan masih sehat, nah beda kalau sudah usia 70-80 an, dokternya harus benar-benar siap, kita juga harus siap dengan hal tersebut," katanya.

Akan tetapi, pihaknya tetap mempertimbangkan penyelenggaraan vaksinasi massal bagi lansia. Pasalnya lansia sangat rentan apabila sudah terpapar COVID-19.

"Tetap dilakukan dan prioritas vaksinasi untuk lansia dilakukan oleh fasyankes, bisa puskesmas atau rumah sakit," ujar Pembajun.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)