Rabu, 17 Mar 2021 12:47 WIB

Waduh! Makin Banyak Anak Muda Usia 20-an Kena Penyakit Jantung, Kok Bisa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sakit jantung Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Jika dulu penyakit jantung seringkali disebut kondisi yang hanya diidap orang tua atau mereka yang berusia 50 tahun ke atas, saat ini banyak kalangan muda pun yang berisiko mengembangkan penyakit mematikan ini.

"Jadi sekarang makin ke yang muda, menyerang anak muda banyak sekali. Terakhir pasien saya serangan jantung 22 tahun pasang ring dua, itu kan usia masih belia sekali," kata spesialis jantung dari RS Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP(K) dalam bincang bersama Radio Kesehatan, Rabu (17/3/2021).

Jarang olahraga dan mengurangi aktivitas fisik berpengaruh besar pada risiko terkena penyakit jantung. Banyak anak muda yang terkena penyakit jantung juga karena pola hidup tidak sehat, salah satunya sering mengonsumsi fast food.

Fast food atau makanan cepat saji berkontribusi pada peningkatan risiko hipertensi. Kadar kolesterol tinggi bisa menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung.

"Memang sekarang penyakit jantung (pengidapnya) makin muda. Ada beberapa alasan ya misal dia sudah ada kencing manis, kolesterol, hipertensi, merokok, dan ada riwayat keluarga," jelasnya.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)