Rabu, 17 Mar 2021 13:17 WIB

Viral Mahasiswi Kena Piriformis Syndrome akibat Kelamaan Duduk Kuliah Online

Yuviniar Ekawati - detikHealth
viral tiktok Foto: Tangkapan Layar Viral
Jakarta -

Baru-baru ini, seorang perempuan bernama lengkap Waode Nur Anisa (20) viral karena kisahnya mengidap piriformis syndrome. Mahasiswi kedokteran gigi di salah satu universitas di Makassar ini mengaku duduk terlalu lama selama kuliah dalam jaringan (daring).

Pada video yang diunggahnya, Nur Anisa mengisahkan awal mula dirinya terkena piriformis syndrome. Bermula dari kegiatan kuliah online yang mengharuskannya duduk hingga 15 jam sehari, lama-kelamaan tulangnya bermasalah.

"Pada sekitar bulan Juni saya sudah merasakan agak sakit pada saat duduk. Pertama rasa sakitnya itu muncul di bawah lutut, lama kelamaan saya merasa sakit pada saat saya duduk di bagian bokong," kata Anisa saat dihubungi detikcom, Selasa (16/3/2021).

Sebelum mengikuti kuliah daring, Anisa mengaku tidak memiliki keluhan tersebut karena dirinya tidak banyak menhabiskan waktu dengan posisi duduk seperti sekarang.

Tetapi setelah pandemi COVID-19 dan kuliah diadakan secara daring, Anisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan posisi duduk untuk melaksanakan perkuliahan dan belajar.

Saat rasa sakitnya tidak tertahankan lagi dan mengganggu aktivitasnya, Anisa mendatangi dokter ortopedi dan melakukan rontgen tetapi tidak ditemukan kejelasan dari rasa sakitnya tersebut.

"Diperiksa sama dokter tulang gak ada masalah sama sekali, normal pemeriksaannya, tidak ada rasa sakit, itu dokter tulang sampai bingung," kata Anisa.

Setelah tidak mendapatkan kejelasan Anisa akhirnya Anisa mendatangi dokter rehabilitasi medis. Dari pemeriksaan itu Anisa didiagnosis mengalami piriformis syndome yaitu, kondisi nyeri yang berkembang karena iritasi atau kompresi saraf skatik di dekat otot piriformis.

Meski dengan keadaannya yang mengalami pirformis syndrome, dirinya tetap perlu melanjutkan kegiatan perkuliahan daringnya yang menuntut untuk duduk dalam posisi yang lama.

"Mulai dirasakan tegangnya itu seperti tertarik gitu otot-ototnya, kalau sudah tertarik seperti itu, dokter sarankan dilakukan peregangan, kompres air hangat," kata Anisa mengatasi rasa sakitnya saat menjalani kuliah daring.

Lewat media sosialnya, Anisa bercerita tentang apa yang dialaminya. Terhitung pada Selasa (16/3/2021) video yang diunggahnya tersebut disukai oleh lebih dari 113 ribu orang.

Video tersebut juga dikomentari oleh 1.850 orang. Di sana, Anisa juga menemukan beberapa orang lainnya yang menderita piriformis syndome seperti dirinya.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)