Kamis, 18 Mar 2021 12:44 WIB

Sempat Abaikan COVID-19, Presiden Tanzania Meninggal Dunia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jakarta -

Setelah berminggu-minggu tak terdengar kabarnya, Presiden Tanzania John Magufuli meninggal dunia. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Samia Suluhu Hassan pada Rabu (17/3/2021) malam di usia 61 tahun.

Dalam pidatonya, Hassan mengatakan Magufuli meninggal karena penyakit jantung di rumah sakit di Dar-Es-Salaam. Penyakit tersebut telah dideritanya selama 10 tahun.

Magufuli pertama kali dirawat karena penyakitnya di Jakaya Kikwete Cardiac Institute pada 6 Maret lalu dan sempat diperbolehkan pulang. Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 14 Maret, ia dilarikan ke rumah sakit lagi setelah merasa tidak enak badan.

Semasa hidupnya, Magufuli adalah orang yang skeptis dan sudah lama meremehkan tingkat keparahan COVID-19. Ia bahkan mendesak warga Tanzania untuk berdoa, menghirup uap, dan menggunakan obat-obatan lokal untuk melindungi diri dari penyakit COVID-19 tersebut.

Dikutip dari Al Jazeera, pada Juni 2020 lalu Magufuli sempat menyatakan bahwa Tanzania sudah bebas dari virus Corona berkat campur tangan Tuhan. Ia juga menolak untuk menggunakan masker ataupun menerapkan tindakan lockdown.

Namun, sebelum menghilang dari publik, Magufuli sempat mengakui bahwa virus Corona masih beredar di negaranya. Hal ini terjadi pasca wakil presiden semi-otonom Zanzibar diketahui meninggal akibat COVID-19.

(sao/fds)