Senin, 22 Mar 2021 16:36 WIB

Ramai Irene Vs Dewa Kipas, Tanding Catur Juga Bisa Bakar Kalori Loh

Firdaus Anwar - detikHealth
Adu Catur Dadang Subur alias Dewa Kipas VS GM Irene Kharisma Sukandar Respons stres yang dipicu dalam pertandingan catur bisa membakar kalori. (Foto: Youtube/Deddy Corbuzier)
Jakarta -

Media sosial membicarakan pertandingan catur Grandmaster Irene Sukandar dengan Dadang Subur alias Dewa Kipas. Sebagai salah satu cabang olahraga, mungkin tidak banyak orang tahu bahwa catur juga bisa jadi salah satu aktivitas yang membakar kalori.

Dikutip dari ESPN, seorang atlet catur yang bertanding sengit dapat membakar sampai 6.000 kalori dalam sehari. Robert Sapolsky dari Stanford University mengatakan pembakaran kalori terjadi ketika para atlet berpikir keras sehingga meningkatkan metabolisme tubuhnya mulai dari tekanan darah, kecepatan bernapas, dan kontraksi otot.

"Para grandmaster mengalami tekanan peningkatan darah selama berjam-jam yang mirip seperti pada pelari maraton," ungkap Robert.

Sebagai contoh, Grandmaster Mikhail Antipovhad dari Rusia bisa membakar sampai 560 kalori saat bertanding catur selama dua jam. Hal ini diketahui ketika para peneliti dari Amerika Serikat merekam detak jantungnya dalam turnamen.

Itulah kenapa turnamen catur dunia pada tahun 1984 pernah dibatalkan. Ini terjadi ketika salah satu atletnya, Anatoly Karpov, kelelahan dan kehilangan nyaris 10 kilogram berat badan dalam turnamen tersebut.



Simak Video "Berapa Porsi Ideal yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)