Selasa, 23 Mar 2021 09:45 WIB

Round up

Dinda Hauw Positif COVID-19 Saat Hamil, Kenali Serba Serbi Penanganannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dinda Hauw dan Rey Mbayang saat ditemui kawasan Trans TV. Pasangan selebriti Dinda Hauw dan Rey Mbayang positif COVID-19. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Pasangan selebriti Dinda Hauw dan Rey Mbayang positif COVID-19. Kabar ini disampaikan langsung oleh Rey Mbayang di akun media sosial Instagram miliknya.

"Aku dinda positif Covid-19," tulis Rey Mbayang.

Dinda Hauw dikabarkan sudah ke rumah sakit untuk melakukan rontgen paru-paru dan akan menjalani diopname jika memang bermasalah.

Terinfeksi COVID-19 dalam kondisi hamil tentu tidak mudah. Apalagi ibu hamil disebut memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mengalami gejala cukup parah jika terinfeksi.

Apa ada perawatan khusus untuk ibu hamil pengidap COVID-19?

Ahli kandungan dari RS Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG, mengatakan ibu hamil yang terinfeksi COVID-19 mendapatkan perawatan yang sama dengan pasien yang tidak sedang hamil. Jika tidak bergejala, tetap disarankan untuk isolasi mandiri di rumah.

"Tapi, mungkin untuk ibu hamil penting untuk melaporkan ke dokter obgyn-nya atau ke bidan yang merawat kalau menderita COVID," kata dr Dinda.

Penting untuk diingat bahwa hamil yang mengidap COVID-19 juga perlu mempersiapkan rencana lain apabila terjadi perburukan pada penyakitnya. Ibu hamil yang mengidap COVID-19 juga memiliki risiko perburukan pada sistem pernapasan.

"Sesak napasnya bertambah, semakin memberat, atau demamnya nggak turun-turun, atau saturasinya menurun itu kan harus tetap dipantau," ujarnya.

Bagaimana dengan pengobatannya?

Secara umum, tidak ada pengobatan khusus bagi ibu hamil yang mengidap COVID-19. Dokter tetap memberikan obat dan vitamin sesuai gejala dan keparahan penyakit.

dr Dinda menjelaskan, vitamin yang biasanya diberikan oleh dokter kandungan di masa kehamilan biasanya sudah cukup membantu proses penyembuhan. Berbagai vitamin juga diberikan, dan pastinya tetap menjaga kesehatan.

"Ada vitamin D biasanya, ada zinc, ada kalsium, ada vitamin hamil yang mengandung zat besi, mikronutrien lainnya itu sudah cukup sih sebenarnya karena prinsipnya itu bisa sembuh sendiri," jelasnya.



Simak Video "Ibu Positif Covid-19 Bisa Tetap Menyusui, Ini yang Harus Diperhatikan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)