Senin, 22 Mar 2021 13:34 WIB

Dinda Hauw Positif COVID-19 Saat Sedang Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dinda Hauw dan Rey Mbayang saat ditemui kawasan Trans TV. Dinda Hauw dan Rey Mbayang. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Pasangan artis Rey Mbayang dan Dinda Hauw positif COVID-19. Hal tersebut disampaikan Rey melalui akun Instagram pribadinya, rey_mbayang.

"Setelah ngelewatin beberapa kondisi dimana kita berdua tetap negatif walaupun beberapa kali 1 rombongan sama pasien positif, akhirnya tiba juga waktunya.. Allah itu baik banget yaa, ngasih kita rasa sakit biar kita paham betul bagaimana bersyukurnya saat sehat.. Doakan kita ya," tulisnya dalam akun tersebut, Senin (22/3/2021).

Dalam postingan tersebut, Rey juga melampirkan hasil pemeriksaan laboratorium keduanya dan hasilnya positif. Tetapi, baik Rey maupun Dinda tidak menjelaskan lebih lanjut gejala apa saja yang mereka alami saat terinfeksi COVID-19.

Namun, diketahui saat ini Dinda Hauw tengah hamil. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Dikutip dari Rekomendasi Penanganan Infeksi COVID-19 Pada Maternal dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), ada beberapa hal yang harus dilakukan saat wanita hamil terinfeksi COVID-19.

1. Wanita hamil yang termasuk dalam pasien dalam pengawasan COVID-19 harus segera dirawat di rumah sakit (berdasarkan pedoman pencegahan dan pengendalian infeksi COVID-19). Pasien dengan COVID-19 yang diketahui atau diduga harus dirawat di ruang isolasi rumah sakit.

Apabila rumah sakit tidak memiliki ruangan isolasi khusus yang memenuhi syarat Airborne Infection Isolation Room (AIIR), pasien harus segera dipindahkan ke fasilitasi isolasi lainnya.

2. Investigasi laboratorium rutin, seperti tes darah dan urinalisis tetap dilakukan.

3. Pemeriksaan rutin (USG) untuk sementara bisa ditunda sampai ada rekomendasi selanjutnya. Perawatan kehamilan bisa dilanjutkan kembali setelah pasien sembuh dan melakukan USG untuk melihat perkembangan janin.

4. Vaksinasi

Untuk wanita hamil, vaksinasi COVID-19 masih harus ditunda. Jika ingin melakukan perencanaan kehamilan, bisa dilakukan setelah mendapat vaksinasi kedua COVID-19.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)