Selasa, 23 Mar 2021 17:04 WIB

Fakta-fakta Tante Ernie Terpapar Corona dan Kini Sudah Sembuh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
tante ernie Selebgram Tante Ernie. (Foto: Dok. Instagram himynameisernie)
Jakarta -

Selebgram Tante Ernie telah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Ia sudah menjalani tes COVID-19 PCR sebanyak dua kali untuk memastikannya, dan hasilnya negatif.

"Alhamdulillah sudah 2 kali PCR hasilnya negatif berturut-turut," jelas dr Ernie, dikutip dari detikHot, Selasa (23/3/2021).

Sebelumnya, Tante Ernie positif tertular COVID-19 sejak 3 Maret 2021 lalu. Selama bergelut dengan COVID-19, ia mengalami berbagai gejala bersamaan dengan penyakit sinusnya yang juga kambuh.

Berikut sederet fakta Tante Ernie saat terpapar COVID-19.

1. Gejala yang dialami

Sebelum dipastikan positif COVID-19, Tante Ernie mengalami beberapa gejala COVID-19, seperti demam, menggigil, dan rasa tidak nyaman di badan. Selain itu, ia juga mengalami pusing serta nyeri punggung meski sedang rebahan.

"Kalau aku sih kesakitan di minggu pertama saja, karena aku menderitanya masalah sinusku kambuh parah banget, sakit banget sampai nggak bisa buka mata, kalau baca langsung pusing banget," kata Ernie.

"Malam hari di 3 hari pertama, tulang-tulang punggungku seperti ada pakunya, sakit banget kalau tiduran atau rebahan jadi nggak bisa tidur, karena setiap kalau bergerak, ngilu sakit semuanya," lanjutnya.

2. Punya riwayat asma

Setelah terpapar COVID-19 beberapa waktu lalu, Tante Ernie juga sempat menjalani CT scan dan cek darah. Hal ini dilakukannya karena takut, sebab dirinya memiliki riwayat penyakit asma.

"Aku barusan juga harus CT scan thorax dan cek lab darah. Aku kan ada asma, jadi takut banget kalau sampai sesak," kata Ernie beberapa waktu lalu.

3. Memilih home care

Selama isolasi dan pengobatan, Tante Ernie memilih menjalani perawatan home care. Saat itu ia hanya mengkonsumsi obat-obatan dan vitamin yang dikirimkan saudara-saudaranya.

"Minum obat dan vitamin saja sudah dikirimin macam-macam ke rumah dari saudara-saudaraku. Mohon doanya ya," ujarnya.

4. Sembuh setelah 10 hari

Setelah 10 hari melakukan isolasi mandiri di rumah, Tante Ernie kembali melakukan tes swab PCR untuk memastikan kondisinya. Setelah tes, hasilnya negatif.

"Aku tepat hari ke-10 langsung PCR 1 hasilku sudah langsung negatif. Anakku yang perempuan juga sudah negatif, tapi suamiku masih positif," kata Ernie.

"Dan seminggu setelah itu kita PCR lagi yang kedua, alhamdulillah semuanya sudah negatif," imbuhnya.



Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)