Selasa, 23 Mar 2021 17:30 WIB

Awas! Jangan Sembarang Umbar Sertifikat Vaksin Corona di Medsos, Ini Risikonya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Vaksin COVID-19 kembali didistribusikan untuk vaksinasi tenaga kesehatan di berbagai wilayah RI. Kali ini vaksin itu ditujukan untuk 900 ribu tenaga kesehatan. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Satgas Prof Wiku Adisasmito mewanti-wanti masyarakat tak sembarang umbar sertifikat vaksinasi. Pasalnya, dalam sertifikat tersebut terdapat data pribadi yang bisa dipindai begitu saja.

Akibatnya, ada risiko penyalahgunaan data pribadi yang bisa didapat dari sertifikat vaksinasi COVID-19 tersebut. Apalagi, jika diunggah di media sosial yang bisa menyebar dan terjangkau luas oleh banyak orang.

"Meminta kepada para penerima vaksin covid-19 yang sudah mendapatkan sertifikat bukti telah divaksin agar tidak mengunggahnya ke media sosial ataupun tidak mengedarkannya," jelas Wiku dalam konferensi pers, Selasa (23/3/2021).

"Penting untuk diketahui bahwa di dalam sertifikat bukti telah divaksinasi terdapat data pribadi dalam bentuk QR Code yang dapat dipindai," lanjutnya.

Wiku kembali menegaskan untuk bijak menggunakan sertifikat vaksinasi COVID-19 yang sudah didapat agar tidak menimbulkan risiko di kemudian hari.

"Gunakan sertifikat tersebut sesuai dengan kebutuhannya, karena tersebarnya data pribadi dapat membawa risiko bagi kita," pungkasnya.



Simak Video "Kini Bisa Dapat Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Berbahasa Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya