Selasa, 23 Mar 2021 21:06 WIB

Kemenkes: Vaksin COVID-19 Novavax-Pfizer Diperkirakan Masuk RI Semester-2 2021

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksin COVID-19 dari berbagai produsen akan masuk ke Indonesia, pada semester kedua tahun 2021.

"Karena memang kita tahu bahwa jumlah vaksin ini akan banyak sekali pada saat triwulan tiga, semester kedua. Karena memang para produsen memproduksi vaksin dalam jumlah yang besar itu rata-rata pada semester kedua," kata dr Nadia, dikutip dari diskusi daring di YouTube Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes dan PM) Kemenkes RI, Selasa (23/3/2021).

Selain vaksin COVID-19 dari Sinovac dan AstraZeneca yang sudah lebih dulu tiba, ada beberapa vaksin COVID-19 lainnya yang akan masuk ke Indonesia. Dua di antaranya adalah vaksin COVID-19 buatan Novavax dan Pfizer.

dr Nadia mengungkapkan, kedua vaksin tersebut kemungkinan bisa masuk ke Indonesia di semester kedua tahun ini.

"Dan Indonesia akan mendapatkan distribusi ataupun penerimaan dari vaksin-vaksin yang sudah kita pesan, baik itu vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, kemudian vaksin dari Novavax, dan juga kemungkinan untuk vaksin Pfizer ini akan masuk pada semester kedua," lanjutnya.



Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)