Rabu, 24 Mar 2021 17:58 WIB

Cerita Bidan Novel Bantu Ibu Lahiran Pakai Metode Tiup-tiup

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Bidan Novel kembali viral berkat video yang diunggah pada laman Instagram pribadinya. Pada video itu terlihat Bidan Novel membantu seorang ibu melakukan proses lahiran dengan metode tiup-tiup.

Namun berbeda dari pasien lainnya, kali ini proses lahiran tersebut dilakukan dengan posisi jongkok. Terekam, seorang ibu menggunakan hijab hendak melahirkan anaknya berjongkok di pinggir tempat tidur dengan didampingi suaminya.

Berselang beberapa waktu, Bidan Novel meminta ibu tersebut untuk berbaring kembali ke tempat tidur karena anak yang dikandung telah lahir.

"Adiknya telentang enggak keluar-keluar," kata Bidan Novel menjelaskan mengapa ibu tersebut melahirkan dengan posisi jongkok yang dikutip dari akun Instagram miliknya, Selasa (23/3/21).

Setelah bayi tersebut keluar, Bidan Novem melakukan prosedur pijat-pijak untuk mengeluarkan ari-ari bayi dari tubuh ibunya. Sambil berbaring, ibu tersbut menggendong anaknya dipelukannya.

"Nggak usah ngeden ya ngeluarin ari-arinya, diam-diam ya. Saya pijat biar darahnya nggak banyak, jadi habis lahir segar bugar karena darahnya keluar sedikit seperti orang menstruasi saja," ujar Bidan Novel.

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Dokter Ungkap Alasan Zaskia Sungkar Melahirkan Secara Sesar"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)