Rabu, 24 Mar 2021 19:30 WIB

Hal yang Berubah dan Tidak Berubah Pasca Vaksinasi COVID-19 Menurut CDC

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson dapat izin di AS, cuma sekali suntik dan hemat biaya Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Vaksinasi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mengakhiri pandemi COVID-19. Sampai saat ini para ahli masih mempelajari bagaimana vaksin mempengaruhi penyebaran virus Corona.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyebut pasca mendapatkan dua dosis vaksin, tindakan pencegahan seperti memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari keramaian tetap harus dilakukan. Tapi ada beberapa kegiatan yang 'aman' dilakukan setelah divaksinasi penuh.

Berikut di antaranya dikutip dari laman resminya.

Apa sih yang berubah?

1. Tak perlu pakai masker jika bertemu dengan rekan yang sudah divaksinasi

Meskipun tidak boleh melepaskan masker begitu saja setelah mendapatkan vaksinasi, orang-orang yang sudah divaksin bisa berkumpul bersama tanpa mengenakannya. Hal ini didasari bahwa semua orang yang telah divaksin tidak memiliki risiko.

Namun penting untuk diingat bahwa kebijakan ini hanya berlaku setelah Anda dan orang yang akan ditemui sudah mendapat dua dosis vaksin Corona. Seseorang baru dianggap telah diimunisasi lengkap 2 pekan setelah mendapat dosis kedua.

2. Tak perlu karantina jika terpapar

Pedoman CDC juga menyarankan bahwa mereka yang telah mendapat dua suntikan vaksin tidak lagi perlu melakukan karantina, termasuk menjalani tes, jika sempat kontak langsung dengan pasien COVID-19, dengan catatan tidak mengalami gejala apapun.

Namun, beberapa ahli memperingatkan bahwa orang dengan penyakit penyerta, yang tinggal dalam kelompok misalnya lansia yang tinggal bersama di keluarga, tetap harus melakukan tindakan karantina dasar dan menjalani tes, karena mereka mungkin rentan karena imunitas rendah.

3. Mengunjungi orang yang belum divaksin, asal..

Mereka yang divaksinasi dapat mengunjungi atau menghabiskan waktu bersama orang yang belum divaksinasi, termasuk anak-anak dan orang dewasa, mengunjungi teman dan kerabat asal tetap mengikuti tindakan pencegahan dasar, seperti menggunakan masker di sekitar orang berisiko tinggi, sering mencuci tangan dan melakukan disinfeksi secara rutin.

Hal yang tidak berubah meski telah divaksinasi

1. Anda tetap harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dalam banyak situasi, seperti memakai masker, menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain, dan menghindari keramaian dan ruang berventilasi buruk.

2. Tunda pergi ke acara besar yang melibatkan pertemuan dengan banyak orang

3. Jika memungkinkan, tunda dahulu perjalanan domestik. Apabila tetap harus bepergian, tetap patuhi aturan yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan.

4. Tetap harus mewaspadai gejala COVID-19, terutama jika pernah kontak langsung dengan mereka yang sakit. Apabila memiliki gejala, segera lakukan tes untuk mendeteksi virus Corona.



Simak Video "WHO Yakin Sumber COVID-19 Ada di Pasar Huanan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)