Kamis, 25 Mar 2021 13:30 WIB

Hari Tuberkulosis Sedunia

Pernah Kena TBC, dr Tirta Ceritakan Rasanya Minum Obat Tiap Hari

Vidya Pinandhita - detikHealth
influencer dr Tirta Mandiri Hudhi divaksinasi Corona di Puskesmas Ngemplak 2, Sleman, DIY, Kamis (14/1). Selain dr Tirta terdapat 10 orang lain yang menerima vaksin sinovac. dr Tirta pernah mengidap tuberkulosis semasa kecilnya (Foto: Pius Erlangga)
Jakarta -

Beratnya menjalani pengobatan tuberkulosis (TB atau TBC) dirasakan sendiri oleh dokter sekaligus influencer Tirta Mandira Hudhi. Pria yang akrab disapa dr Tirta ini pernah terinfeksi tuberkulosis semasa kecil.

Kepada wartawan, dr Tirta membagikan perjuangannya hidup dengan riwayat TBC. Akibat TBC yang dialaminya semasa masih duduk di Sekolah Dasar, imunitas tubuhnya tak bia kembali pulih seratus persen. Hingga kini, beragam penyakit pernapasan (ISPA) telah dialaminya.

"Saya dulu sampai pernah menyalahkan Tuhan. Kenapa saya doang yang kena? Apa karena saya miskin?" ujarnya dalam talkshow peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia, Kamis (25/3/2021).

Perjuangannya kian berat lantaran TBC membuatnya dirundung. Mulai dari dijauhi banyak orang karena takut tertular, sampai dicemooh teman-teman sepermainan karena giginya yang kuning karena konsumsi obat.

Meski begitu, dr Tirta melihat ada hal yang harus ia syukuri di balik pengalamannya itu.

"Pertama, TB membuat kita spesial karena kita memiliki antibodi setelah sembuh. Kita diajari bagaimana minum obat terus-terusan" ujarnya.

Ia menekankan, upaya pengatasan TBC di Indonesia sebenarnya perlu dimulai dari edukasi kepada para orangtua. Pasalnya, amat besar potensi TBC pada anak justru ditularkan oleh orangtua.

Ia menyayangkan, akibat orangtua tak melakukan penanganan tepat, anak menjadi korbannya. Padahal dengan penanganan yang tepat, TBC bisa disembuhkan. Ia pun menyebut, bisa sembuh setelah menjalani pengobatan selama 1,5 tahun.

"Dari TB, kita mengerti bahwa prevent (mencegah) itu yang utama. Namun membahas keegoisan orangtua, itu jarang banget" imbuhnya.

Bagaimana dr Tirta membandingkan TBC dengan COVID-19? Simak halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cara Bedakan Penyakit TBC dengan Virus Corona dari Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]