Jumat, 26 Mar 2021 07:24 WIB

Lansia Depok Bisa Vaksinasi 'Drive-Thru' di RSUI, Ini Syaratnya

Ardela Nabila - detikHealth
Rumah Sakit Universitas Indonesia membuka pelayanan vaksinasi secara drive thru untuk lansia. Pelayanan yang dibuka sejak 21 Maret itu sudah diikuti ratusan lansia. Vaksinasi drive-thru di RSUI (Foto: DEDY ISTANTO)
Jakarta -

Bagi lansia asal Depok, Jawa Barat yang belum menerima vaksinasi COVID-19, terdapat layanan vaksinasi massal yang bisa dijadikan sebagai alternatif, lho. Salah satunya adalah yang diadakan di RS Universitas Indonesia (RSUI).

Kegiatan ini dibuka sejak 22 Maret hingga 21 Mei 2021 mendatang dengan sistem drive-thru dan walk-in.

Kegiatan vaksinasi gratis ini beroperasi setiap hari kerja, yakni Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 (kecuali hari libur nasional) di RSUI, Depok dengan kuota sebanyak 500 per hari.

Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar program vaksinasi ini:

  • Berlaku bagi lansia berusia di atas 60 tahun, tenaga pengajar, dan tenaga medis (dalam waktu dekat akan dibuka untuk pelayan publik dan lainnya)
  • Memiliki KTP wilayah Depok.

Jika telah memenuhi dua persyaratan di atas, maka pendaftaran dapat dilakukan dengan mengikuti sejumlah langkah berikut:

  • Mendaftarkan diri DI SINI dan melengkapi data dan ketentuan yang ada
  • Pilih tanggal dan waktu kedatangan yang sesuai. Hal ini untuk menghindari antrian dan kerumunan
  • Pastikan telah mendapatkan bukti pendaftaran untuk dibawa dan ditunjukkan di lokasi vaksinasi.

Setelah melakukan pendaftaran, berikut beberapa hal yang harus diketahui terkait pelaksanaan vaksinasi dengan sistem drive-thru dan walk-in ini:

  • Datang sesuai dengan alokasi waktu yang dipilih (disarankan 15 menit sebelumnya telah berada di lokasi)
  • Anda akan diarahkan untuk vaksinasi secara drive-thru (bagi kendaraan roda 4) atau walk-in ke Entrance Building RS UI (bagi non kendaraan roda 4)
  • Ikuti arahan petugas di lapangan yang akan memandu Anda selama di lokasi vaksinasi sesuai alur yang telah ditentukan
  • Sebelum menjalani proses vaksinasi, disarankan Anda dapat mengambil waktu sejenak untuk ke ruang kecil/toilet yang tersedia di lokasi.

Perlu diingat, bagi lansia yang belum mendaftarkan dirinya, bukan pemegang KTP Depok, dan tidak mengikuti prosedur yang telah ditentukan, maka vaksinasi tidak dapat dilakukan.



Simak Video "Daftar Obat dan Vaksin COVID-19 yang Kantongi Izin Edar BPOM"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)