Sabtu, 27 Mar 2021 13:01 WIB

Heboh BPOM Setujui Obat COVID-19 Rusia Avifavir, Ini Faktanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi minum obat Ilustrasi obat (Foto: iStock)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan darurat Avifavir, obat COVID-19 asal Rusia. Diklaim sudah dipakai di lebih dari 17 negara, obat ini belakangan jadi perbincangan di media sosial.

Disebutkan, uji klinis Fase II-III Avifavir melibatkan 460 pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan di 30 rumah sakit Rusia.

"Saat ini bisa saya sampaikan ke masyarakat Indonesia bahwa BPOM Republik Indonesia, pada tanggal 17 Maret 2021 telah memberikan persetujuan penggunaan obat dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization-EUA) untuk obat COVID-19 avifavir," jelas Direktur Marketing PT Pratapa Nirmala (Fahrenheit), John, dalam rilis yang diterima detikcom Jumat (26/3/2021).

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Dra Lucia Rizka Andalusia membenarkan adanya persetujuan BPOM untuk obat COVID-19 Avifavir. Dijelaskan, kandungan obat dalam avifavir tak berbeda dengan Avigan, obat flu Jepang yang belakangan memang dipakai untuk perawatan COVID-19.

"Sudah (diberikan EUA), ini obat sudah banyak yg sama isinya, Favipiravir, obat copy dari Avigan," jelas Rizka saat dikonfirmasi detikcom Jumat (26/3/2021).

BPOM menyebut obat COVID-19 Avifavir ditujukan untuk pasien Corona berusia 18 tahun ke atas. Berdasarkan data PT Pratapa Nirmala (Fahrenheit), Avifavir adalah obat yang berbentuk tablet salut selaput, dibuat dan dikembangkan para ilmuwan Chemical Diversity Research Institute, Khimki, Federasi Rusia.

Avigan itu sendiri apa sih? Dikembangkan oleh perusahaan Jepang Fujifilm Toyama Chemical, Avigan atau dikenal juga dengan nama generik Favipiravir merupakan salah satu obat antivirus yang diteliti untuk perawatan COVID-19.

Di Indonesia, BPOM pada 2020 telah menerbitkan izin penggunaan darurat Favipiravir kepada PT Beta Pharmacon (Dexa Group) dan PT Kimia Farma Tbk, dengan nama dagang Avigan. Izin diberikan untuk pengobatan pasien COVID-19 dengan derajat ringan-sedang.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)