Senin, 29 Mar 2021 13:02 WIB

Soal Korban Kebakaran Kilang Balongan, Ini Cara Bedakan Tingkat Luka Bakar

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Warga mengambil video dengan gawai miliknya saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras. Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Jakarta -

Sejumlah warga terluka akibat kebakaran di kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. Menurut laporan BPBD Indramayu, tercatat 5 orang mengalami luka bakar berat dan 15 lainnya luka ringan.

"Data sementara ada lima orang yang mengalami luka bakar berat," kata Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu Caya dilansir Antara, Senin (29/3/2021).

Dikutip dari Healthline, derajat luka bakar dapat dikategorikan menjadi tiga tingkat, yakni tingkat 1, 2, dan 3. Tingkat keparahannya dinilai dari luas lapisan kulit dan jaringan yang terluka.

Berikut cara membedakan derajat luka bakar berdasarkan tingkat keparahannya.

Luka bakar derajat satu

Pada tingkat ini, luka bakar hanya mempengaruhi epidermis atau lapisan kulit luar saja. Jadi, tingkat keparahannya tergolong yang paling ringan, berikut ciri-cirinya.

  • Kulit kemerahan
  • Peradangan ringan
  • Kulit kering dan mengelupas, umumnya tanda ini muncul ketika luka bakar sudah mulai sembuh.

"Karena luka bakar ini hanya terjadi di lapisan kulit paling atas, maka tanda-tanda tersebut biasanya akan hilang saat sel-sel kulit mati mulai terkelupas," tulis Healthline.

Waktu penyembuhannya pun tergolong cepat, yakni sekitar 7-10 hari dan tidak meninggalkan jaringan parut.

Luka bakar derajat dua

Tingkat keparahan yang terjadi pada luka bakar derajat dua cenderung lebih serius. Pasalnya, area kerusakannya sudah terjadi hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Luka bakarnya pun tampak terlihat basah. Selain itu, luka bakar ini menyebabkan kulit menjadi melepuh.

Seiring berjalannya waktu, kondisi ini juga dapat memicu pertumbuhan jaringan parut yang mengandung nanah, atau disebut sebagai fibrinous exudate.

Butuh waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan luka bakar derajat dua. Dalam sejumlah kasus, proses penyembuhannya bisa memakan waktu lebih dari tiga minggu, tergantung dari tingkat keparahan luka bakarnya.

Luka bakar derajat tiga

Kerusakan jaringan pada tingkat ini mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis, atau lebih dalam lagi. Area kulit yang terbakar akan tampak putih dan kasar, namun juga dapat terlihat hangus.

Tak hanya merusak lapisan kulit, dampaknya juga dapat merusak tulang, otot, serta tendon yang ada di bawahnya. Oleh karena itu, penanganan medis yang tepat sangat diperlukan untuk pengobatan luka bakar derajat tiga ini.



Simak Video "Mata Merana Karena WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/fds)