Rabu, 24 Okt 2018 13:31 WIB

Jangan Diolesi Odol! Begini Cara Penanganan Luka Bakar yang Benar

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Segera obati luka bakar dengan air dingin bukan dengan odol atau bahkan kecap. (Foto: Thinkstock) Segera obati luka bakar dengan air dingin bukan dengan odol atau bahkan kecap. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Siapa saja bisa mengalami luka bakar. Biasanya, luka bakar didapatkan dari sentuhan kulit dan benda panas seperti wajan penggorengan atau terpercik minyak panas secara tidak sengaja.

Banyak orang yang ketika terkena benda panas akan mengoleskan bagian yang luka dengan pasta gigi atau odol yang dianggap mampu meredakan luka bakar.



Menurut ahli kesehatan kulit dan kelamin, dr I Gusti Nyoman Darma, SpKK, mengolesi luka bakar dengan odol atau pasta gigi bukan cara yang tepat karena dapat menimbulkan infeksi.

"Jangan diolesi kecap, odol, mentega, dan kopi atau bahan dapur lainnya, segera periksa ke dokter. Takutnya ada bahan-bahan yang nggak steril malah menimbulkan infeksi," katanya saat dihubungi oleh detikHealth, Rabu (24/10/2018).

Untuk meringankan gejala luka bakar, dr Darma menyarankan agar mendinginkan bagian yang terkena luka bakar dengan air bukan dengan pasta gigi.

"Segera dinginkan dan kompres dengan air selama 10 menit, bersihkan dengan kain yg bersih, sediakan krim silver sulfadiazine yang dioleskan setelah luka bakar bersih," tutupnya.

(fds/fds)
News Feed