Selasa, 30 Mar 2021 15:16 WIB

Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021, Kapan Anak Dapat Vaksin COVID-19?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sejumlah pelajar berjalan kaki di desa Tugu Utara, Kab Bogor, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). Sekolah tatap muka terbatas mulai dilaksanakan Juli 2021. (Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemerintah pusat mengumumkan rencana sekolah tatap muka terbatas di bulan Juli 2021. Hal ini disampaikan oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy, dengan alasan untuk efektivitas belajar dan sejalan program vakinasi COVID-19 yang sudah menyasar tenaga pendidik.

"Vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan ditargetkan selesai paling lambat bulan Juni 2021. Ini sesuai dengan komitmen dari Pak Menkes. Sehingga pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021, diharapkan seluruh satuan pendidikan dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas," ujar Muhadjir dalam pengumuman yang disiarkan YouTube Kemendikud RI, Selasa (30/3/2021).

Beberapa ahli menjelaskan anak-anak juga bisa terinfeksi dan menyebarkan virus Corona. Karena itu mungkin timbul pertanyaan apakah anak juga perlu divaksinasi.

Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI) menjelaskan sampai saat ini anak-anak masih belum jadi target vaksinasi COVID-19. Studi masih berjalan untuk membuktikan keamanan dan efektivitasnya.

Vaksin COVID-19 diprediksi belum akan siap untuk digunakan secara luas bagi anak-anak setidaknya sampai tahun ajaran 2022-2023. Namun, memang sudah ada beberapa negara yang memberi izin darurat penggunaan vaksin untuk kelompok usia remaja ke atas.

"Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sudah memberi izin pemberian vaksin pada kelompok dewasa dan remaja. Vaksin yang diizinkan adalah buatan Moderna untuk 18 tahun ke atas pada 18 Desember, lalu seminggu kemudian mengizinkan vaksin Pfizer untuk usia 16 tahun ke atas," tulis GAVI seperti dikutip dari situs resminya pada Selasa (30/3/2021).

"Program vaksinasi yang dijalankan Inggris dan Kanada juga mengizinkan vaksin Pfizer pada rentang usia yang sama," lanjut Gavi.



Simak Video "Vaksinasi Guru Ditargetkan Selesai Sebelum Sekolah Tatap Muka Terbatas"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)