Rabu, 31 Mar 2021 07:35 WIB

Berkurang 50 Persen, Zona Merah Corona RI Tersisa di 5 Wilayah Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Penerapan PSBB di Jakarta akan berakhir pada 4 Juni esok. Pemprov DKI pun akan terapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) di kawasan zona merah COVID-19. Ilustrasi zona merah Corona. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Jumlah wilayah zona merah Corona di Indonesia berkurang 50 persen. Per dua pekan kemarin, ada 10 wilayah yang masuk zona merah Corona sementara jumlahnya kini tersisa lima wilayah.

Pulau Jawa tak lagi ada di wilayah risiko tinggi COVID-19. Namun, catatan kasus harian yang dilaporkan Satgas COVID-19 masih menunjukkan Jawa Barat dan Jawa Tengah sebagai penyumbang kasus Corona tertinggi di RI, per Selasa (30/3/2021).

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan masyarakat tetap perlu waspada dan memperketat protokol kesehatan menanggapi tren penurunan, agar tak kembali mengalami lonjakan kasus COVID-19.

"Catatan zonasi nasional mencatatkan capaian yang baik, jumlah kabupaten/kota zona merah terus menurun 50 persen yaitu dari 10 menjadi 5 kabupaten/kota," beber Prof Wiku dalam siaran pers Sekretariat Presiden Rabu (31/3/2021).

Berikut daftar zona merah Corona di Indonesia per 28 Maret 2021.

Nusa Tenggara Timur

  • Kota Kupang

Kalimantan Tengah

  • Kota Palangkaraya

Bali

  • Kota Denpasar
  • Tabanan
  • Buleleng

Tak hanya zona merah Corona, penurunan juga terjadi di zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang. Dari pekan lalu tercatat sebanyak 313 wilayah zona oranye, kini tersisa 301 kabupaten/kota zona oranye COVID-19.

"Sehingga dapat disimpulkan bahwa fokus pengendalian COVID-19 pemerintah daerah kabupaten kota ialah mengubah status daerahnya dari zona orange ke zona kuning, maupun dari daerah dengan zona kuning menjadi zonasi hijau. Karena selama ini kita terus berfokus pada penekanan jumlah zona merah," jelas Wiku.



Simak Video "Daftar 10 Wilayah Zona Merah Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)