Kamis, 01 Apr 2021 17:32 WIB

Cerita Para Pemakai Rumput Fatimah: Diminum Bisa, Diusap Saja Juga Manjur

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rumput fatimah banyak dipakai oleh ibu hamil, dipercaya melancarkan persalinan. Para dokter tidak menganjurkan rumput fatimah dikonsumsi ibu hamil (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Topik Hangat Bahaya Rumput Fatimah
Jakarta -

Para dokter tidak menganjurkan rumput fatimah dikonsumsi ibu hamil karena bisa memicu kontraksi. Baru-baru ini, sebuah cerita viral bahkan menyebut seorang ibu kehilangan janin yang dikandungnya gara-gara rumput fatimah.

Meski begitu, herbal ini rupanya cukup populer sejak zaman dahulu. Rumput fatimah atau Labisia pumila dipakai dengan bermacam-macam cara, mulai dari diminum air rendamannya hingga diusap-usap begitu saja ke perut ibu hamil.

Seorang penjual rumput fatimah di kawasan 'Kampung Arab' Empang, Bogor, Jawa Barat, Fajar, mengatakan bahwa istrinya mengonsumsi tumbuhan ini ketika hamil anak kedua.

"Kalau pengalaman pribadi dari istri saya itu diminum. Rumput fatimahnya kan direndam lalu airnya diminum," kata Fajar saat ditemui di tokonya, Kamis (1/4/2021).

"Nanti kan mekar dia teksturnya, terus diambil airnya buat diminum," lanjutnya.

Rumput Fatimah dijual di kawasan Empang BogorPara dokter tidak menganjurkan rumput fatimah dikonsumsi ibu hamil. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth

Kala itu, istri Fajar meminum rumput fatimah sebanyak setengah botol air mineral ukuran 600 mililiter. Ia pun mengaku merasa terbantu dengan air rendaman tumbuhan ini, karena proses persalinan istrinya menjadi lancar.

"Pembukaannya lama yang anak kedua tuh, dari pembukaan 1, 2, 3 sampai berikutnya tuh lama. Jadi buat mancing gitu, tapi alhamdulillahh aman dan sehat," jelasnya.

Rumput Fatimah dijual di kawasan Empang BogorRumput Fatimah banyak dijual di kawasan Empang Bogor. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth

Sementara itu, penjual obat herbal lain bernama Aisyah mengatakan bahwa sebaiknya air rendaman rumput fatimah tidak digunakan dengan cara diminum. Pasalnya, kandungan zat di dalamnya disebut bisa berbahaya bagi janin.

"Rumput fatimahnya nggak usah diminumin, diusap saja karena itu bukan buat diminum," ujar Aisyah kepada detikcom di tokonya, dalam wawancara terpisah.

"Dulu pernah pakai tapi nggak diminum, diusap doang sambil berdoa supaya dilancarin. Kata bidannya nggak bagus buat diminum ya buat janinnya," tambahnya.

Beberapa orang tidak menyarankan rumput fatimah dipakai dengan cara diminum air rendamannya. Simak selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pilah Pilih Jamu dan Herbal untuk Tambah Imun"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Bahaya Rumput Fatimah