Kamis, 01 Apr 2021 19:55 WIB

Target Selesai Akhir Juni 2021, Guru yang Divaksin Sudah 550 Ribu

Ayunda Septiani - detikHealth
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru. Vaksinasi guru (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan guru dan tenaga pendidik yang sudah divaksinasi jumlahnya sudah sekitar 550.000, mencakup penerima dosis pertama atau kedua.

"Sekitar 550.000 guru dan tenaga pendidik sudah divaksinasi dan itu kabar yang gembira, lumayan cepat, tapi tentunya kita aspirasinya adalah untuk semua guru di akhir bulan Juni bisa divaksin jumlahnya sekitar 5,5 juta guru dan dosen," jelas Nadiem saat live di Youtube FMB9ID_IKP, Kamis (1/4/2021).

"InsyaAllah kita bisa mencapai itu sehingga semua sekolah sudah mulai tatap muka terbatas, itu kira-kira targetnya," tambahnya.

Nadiem menyebutkan dalam upaya mempercepat vaksinasi untuk tenaga pendidik, pemerintah daerah harus berkomitmen bahwa vaksinasi tahap kedua ini diprioritaskan untuk guru dan dosen.

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan selain komitmen pemerintah daerah, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mengejar target vaksinasi dengan menggelar vaksinasi massal.

"Kemendikbud sekarang kerja sama Kemenkes mendukung acara vaksinasi massal untuk mengejar target kita, ini kita sambut baik," ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Nadiem menambahkan orang tua yang memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid sebaiknya melanjutkan pembelajaran jarak jauh (PJJ.)

"Makanya kita berikan hak orang tua tidak mengirim anaknya (sekolah) tatap muka. Karena kalau orang tuanya punya komorbiditas yang tinggi, sebaiknya anaknya jangan sekolah dulu," pungkasnya.



Simak Video "Kemenkes Sebut Klaster Sekolah Banyak Terjadi pada Siswa SMP dan SMA"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)