Senin, 05 Apr 2021 08:43 WIB

Perlu Tahu, Ini Sederet Efek Vaksin AstraZeneca Temuan Komnas KIPI

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi Vaksin COVID-19 Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: dok Kaspersky)
Jakarta -

Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Prof Hindra Irawan Satari mengungkap laporan tertinggi yang paling dirasakan masyarakat setelah divaksinasi virus Corona COVID-19.

Disebutkan, ada 5 efek yang dirasakan paling banyak setelah menerima suntikan vaksin COVID-19, salah satunya penerima vaksin AstraZeneca. Apa saja?

"Jadi laporan yang tertinggi yang 5 besar itu sakit kepala, mual, nyeri otot, pusing, dan muntah," jelasnya, dalam konferensi pers, Minggu (4/4/2021).

Prof Hindra menyebutkan, efek setelah vaksinasi tersebut tidak berlangsung lama. Dalam waktu 1 sampai 2 hari akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun ada juga dengan pengobatan.

Selain itu, Prof Hindra menambahkan, pembekuan darah yang terjadi yang dikaitkan dengan vaksin Astrazeneca yang sebelumnya dikhawatirkan oleh masyarakat, di Indonesia belum ditemukan.

"Di Indonesia juga belum cukup data, juga tentang blood clot. Namun, laporan dari vaksin ini belum ada laporan tentang blood clot ini," tambahnya.

"Mudah-mudahan tidak ada, tapi kami mempunyai tugas juga dari WHO sebetulnya untuk melaksanakan surveilans kejadian ikutan dengan perhatian khusus, itu dilakukan di 14 rumah sakit di seluruh Indonesia," tambahnya.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)