Senin, 05 Apr 2021 19:59 WIB

Tak Melulu Susah Tidur, Ini 7 Pertanda Kebanyakan Minum Kopi

Ardela Nabila - detikHealth
Close up of a young woman  fall asleep next to smart phone Kelebihan kopi bikin susah tidur (Foto: iStock)
Jakarta -

Kopi memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat membantu meningkatkan mood, metabolisme, dan performa tubuh.

Sejumlah studi juga telah menunjukkan bahwa kopi aman dikonsumsi dalam dosis yang rendah hingga sedang. Di sisi lain, apabila dikonsumsi secara berlebihan, kafein justru dapat memberikan efek samping berbahaya.

Dikutip dari laman Healthline, berikut 7 efek samping atau pertanda seseorang kebanyakan minum kopi.

1. Gangguan kecemasan

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan terjadinya gangguan kecemasan. Konsumsi 1.000 miligram atau lebih kafein per harinya dilaporkan dapat menyebabkan munculnya gejala kecemasan. Sementara itu, dosis kafein dalam jumlah sedang dapat menyebabkan seseorang mengalami pernapasan cepat jika dikonsumsi secara langsung dalam satu teguk.

2. Insomnia

Meski kafein sering kali dikonsumsi untuk mengusir rasa kantuk, kafein dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia jika dikonsumsi terlalu banyak. Kafein yang dikonsumsi pada siang hari dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur lantaran efek yang diberikannya akan bertahan dalam sistem tubuh selama beberapa jam usai dikonsumsi.

3. Masalah pencernaan

Banyak orang yang merasa minum kopi di pagi hari dapat membantu memperlancar pencernaannya. Hal ini disebabkan oleh efek laksatif pada kopi yang dapat melepaskan gastrin, yaitu hormon yang diproduksi perut untuk mempercepat aktivitas usus besar.

Seseorang yang minum kopi dalam jumlah besar akan berisiko mengalami diare. Pada sejumlah orang, kafein juga dapat menyebabkan atau memperburuk GERD (gastroesophageal reflux disease). Jika merasakan hal demikian, kamu bisa mencoba mengganti kopi dengan teh.

4. Kerusakan otot

Rabdomiolisis merupakan kondisi serius di mana jaringan otot mengalami kerusakan lantaran melepaskan protein yang masuk ke dalam darah, sehingga berisiko menyebabkan gagal ginjal dan masalah kesehatan lainnya. Penyebab umum terjadinya kerusakan otot adalah trauma dan infeksi. Namun pada sejumlah kasus, kerusakan pada jaringan otot ini juga disebabkan oleh konsumsi kafein berlebihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]