Selasa, 06 Apr 2021 05:12 WIB

Ternyata, Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Ahli

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi makan Foto: thinkstock
Jakarta -

Sarapan kerap dianggap sebagai waktu paling penting untuk makan. Pasalnya, sarapan sehat memang diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain dapat memberikan energi untuk beraktivitas sepanjang hari, sarapan sehat juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga tingkat gula darah dan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan fungsi kognitif.

Di sisi lain, melewatkan sarapan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti stres, kelelahan, serta meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Sebab, melewatkan sarapan dapat membuat hormon yang menyebabkan kamu merasa lapar menjadi kebingungan.

"Melewatkan sarapan dapat membuat hormon penyebab lapar menjadi bingung, sehingga kamu menjadi cenderung makan berlebihan di siang hari. Beberapa orang bahkan kerap makan sebelum tidur lantaran merasa belum mendapat cukup asupan pada pagi dan siang harinya," kata Kim Larson, ahli diet dan gizi sekaligus founder Total Health dari Seattle, Amerika Serikat, dikutip dari Forbes.

Lebih lanjut, melewatkan sarapan dapat menyebabkan tubuh menjadi sulit fokus dan mengurangi produktivitas. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan tidak sarapan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kekurangan gizi.

Menurut Larson, jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan adalah makanan dengan kandungan protein, serat, vitamin, dan lemak sehat. Namun, hal ini juga harus disesuaikan berdasarkan sejumlah faktor, mulai dari berat badan hingga jenis kelamin.

Kapan waktu yang tepat untuk sarapan?

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi sarapan, kata Larson, adalah dua jam setelah seseorang bangun tidur. Namun, semakin cepat seseorang sarapan setelah bangun tidur, maka akan semakin baik pula metabolisme tubuhnya.

Bagi orang-orang yang rutin berolahraga atau pergi ke gym di pagi hari, Larson menyarankan untuk hanya mengonsumsi sarapan sederhana, seperti makan pisang atau toast alpukat setidaknya 20-30 menit sebelum mulai olahraga. Akan tetapi, jika kamu merasa kuat untuk berolahraga saat perut kosong, maka sarapan bisa dilakukan setelah olahraga.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)