Selasa, 06 Apr 2021 13:00 WIB

Gendutan Gara-gara Pandemi, Butuh Belajar Mindful Eating? Begini Caranya

Vidya Pinandhita - detikHealth
obesitas Mengatasi problema gendutan akibat pandemi, mindful eating boleh dicoba. Foto: iStock
Jakarta -

Obesitas lagi-lagi disebut sebagai problema kesehatan yang melonjak akibat pandemi COVID-19. Padahal, pengidap obesitas adalah salah satu yang paling dikhawatirkan mengalami gejala berat jika terinfeksi COVID-19.

Nutrisionis Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi menjelaskan, upaya penurunan berat badan adalah hal yang kompleks. Pendekatannya pun tak cukup hanya dengan mengatur pola makan, melainkan pula dengan aktivitas, gaya hidup, dan kebiasaan sehari-hari terlebih di tengah pandemi yang mengharuskan banyak orang berdiam di rumah.

"Beda-beda setiap orang. Ingin menurunkan berat badan dan ingin mempertahankan berat badan, itu beda kebutuhan gizinya. Ada faktor lain juga seperti gerak fisik. Pandemi ini pencetus berat badan naik karena ruang gerak berkurang," ujarnya dalam sebuah webinar, Selasa (6/4/2021).

Ia menyebut, seseorang idealnya bergerak sebanyak 150 menit dalam seminggu, atau 30 menit setiap hari. Namun akibat pandemi, mau tak mau beragam aktivitas mesti dibatasi.

Mindful eating alias makan berkesadaran ia sebut sebagai salah satu cara yang boleh dicoba. Dalam prinsip ini, seseorang mengenal, memperhatikan, dan menyadari benar apa yang dimakannya. Mulai dari segi rasa, warna, aroma, hingga jenis makannya.

Memang, tak selalu mindful eating manjur menurunkan berat badan. Namun setidaknya, cara ini bisa membantu pengidap obesitas lebih selektif dan hati-hati soal apa yang dimakannya.

"Pilihan saja sudah dipersempit. Kita menjadi nggak kalap. Tapi kalau bicara soal obesitas, itu nggak hanya dengan mindful eating. Tapi kita harus tahu betul seberapa banyak yang harus kita konsumsi," imbuhnya.

Jika ingin mencoba mindful eating untuk mengurangi asupan makan, Seala mengingatkan agar langkah tersebut diseimbangi pendekatan lain untuk melancarkan metabolisme. Salah satunya, lewat istirahat cukup dan teratur.



Simak Video "Mengatur Pola Makan Jadi Solusi Atasi Obesitas Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)