Selasa, 06 Apr 2021 19:08 WIB

Bak Mukjizat, Remaja Ini Hidup Lagi Saat Organnya Mau Didonorkan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Seorang remaja hidup lagi saat organnya akan didonorkan. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Seorang remaja laki-laki (18) di Inggris dinyatakan meninggal karena mati otak usai ditabrak mobil. Namun, ia tiba-tiba hidup kembali beberapa jam sebelum organ tubuhnya akan disumbangkan.

Dikutip dari The Sun, remaja ini bernama Lewis Roberts. Ia kembali bangun dari 'kematiannya' setelah kerabatnya yang berduka diberitahu bahwa Lewis mengalami mati otak empat hari setelah kecelakaan tragis itu.

Bak mukjizat, beberapa jam sebelum Lewis menjalani operasi untuk menyumbangkan organ tubuhnya, ia mulai bernapas lagi.

Diinformasikan Lewis mengalami kecelakaan di Leek, Inggris, pada sore hari Sabtu 13 Maret. Kemudian, ia langsung dilarikan ke rumah sakit untuk segera mendapat pertolongan medis.

"Pada 13 Maret, Lewis mengalami cedera kepala yang parah ketika dia ditabrak oleh sebuah van di kampung halamannya di Leek dan langsung dilarikan ke rumah sakit di mana ia menjalani operasi darurat," kata Chloe Roberts, penyelenggara penggalangan dana untuk Lewis.

"Empat hari kemudian, para dokter menyampaikan kabar kepada keluarga kami bahwa tak ada lagi yang bisa dilakukan, karena sayangnya dia menderita kematian batang otak," lanjutnya.

Kemudian, kata Chloe, pihak keluarga telah menyetujui untuk menyumbangkan organ tubuh Lewis kepada tujuh orang lain, yang sedang membutuhkan.

"(Proses operasi) memberi Lewis waktu ekstra sebelum mesin pendukung hidupnya dimatikan. Hanya beberapa jam sebelum operasi dilakukan, ia mulai bernapas lagi," jelas Chloe.

"Sebuah keajaiban yang diharapkan oleh keluarga mana pun, yang di mana (dokter) telah memberitahu bahwa Lewis tak memiliki peluang lagi untuk hidup," tuturnya.



Simak Video "Baru! Peneliti Melihat Ada Kemungkinan Virus Corona Serang Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)