Selasa, 06 Apr 2021 21:09 WIB

Mengenal PCOS, Viral Dialami Wanita yang Cuma Menstruasi 2 Kali Setahun

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Viral seorang wanita cuma bisa menstruasi dua kali selama setahun. Viral wanita yang haid cuma 2 kali setahun (Foto: Tangkapan layar TikTok)
Jakarta -

Di media sosial TikTok, viral cerita seorang wanita yang mengalami gangguan menstruasi selama bertahun-tahun. Wanita yang diketahui bernama Sastia Roria ini terkadang mengalami haid sebanyak dua kali setahun.

Setelah dicek ke dokter kandungan, dirinya didiagnosis mengidap polycystic ovary syndrome (PCOS). Hasil ini didapatkannya saat melakukan pemeriksaan di Singapura.

"Obgyn di Indonesia, padahal ini sudah USG dan tes darah juga. Baru pas aku ke Singapura didiagnosis PCOS, karena dari hasil USG sana ada kista kecil-kecil gitu," jelasnya pada detikcom, Senin (5/4/2021).

Apa itu PCOS?

Dikutip dari Mayo Clinic, PCOS adalah gangguan keseimbangan hormon yang kerap terjadi pada wanita, terutama dalam usia reproduksi aktif. Akibatnya, penderita PCOS ini bisa sulit hamil atau mengalami kondisi tidak subur (infertill).

Apa penyebabnya?

Sampai saat ini, penyebab dari PCOS ini belum diketahui pasti. Namun, ada beberapa faktor risiko yang bisa berperan yaitu:

- Hormon insulin berlebih

Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas yang memungkinkan sel tubuh menggunakan gula sebagai suplai energi utama untuk tubuh. Jika sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin, kadar gula akan naik dan tubuh bisa memproduksi lebih banyak insulin.

Hormon insulin yang berlebih inilah yang bisa menyebabkan produksi androgen, sehingga mengalami kesulitan dengan ovulasi.

- Peradangan tingkat rendah

Penelitian menunjukkan wanita dengan PCOS memiliki jenis peradangan tingkat rendah. Hal ini yang akan merangsang ovarium polikistik untuk memproduksi endrogen, yang bisa menyebabkan masalah pada jantung dan pembuluh darah.

- Keturunan

Penelitian juga menunjukkan PCOS ini bisa disebabkan karena faktor keturunan.

- Androgen berlebih

Ovarium menghasilkan kadar androgen yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan hirsutisme dan jerawat.

Apa saja gejala PCOS? Simak halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Manfaat yang Didapat Jika Mencatat Siklus Haid "
[Gambas:Video 20detik]