Rabu, 07 Apr 2021 08:00 WIB

Makanan Jatuh 'Belum 5 Menit' Masih Bisa Dimakan?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
makanan jatuh 5 detik aman Makanan jatuh (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Banyak orang percaya bahwa makanan masih bisa dimakan setelah jatuh, asalkan belum lebih dari lima menit. Apakah anggapan itu tepat?

Dikutip dari Sciencealert, bakteri bisa cepat berpindah pada makanan yang jatuh dalam waktu kurang dari satu detik. Hal ini tentu menepis anggapan makanan yang 'belum lima menit' jatuh itu masih bisa dimakan.

Seorang ahli dari Rutgers University, Donald Schaffner, pun melakukan penelitian untuk membuktikannya. Ia melakukan percobaan dengan menggunakan empat jenis permukaan lantai, yaitu kayu, baja anti karat, keramik, dan karpet. Sebagai contoh makanannya, Schaffner memilih semangka, roti, roti yang diolesi mentega, dan permen karet.

Selanjutnya, peneliti membandingkan tingkat kontaminasi bakteri dari lamanya kontak antara makanan dengan permukaan lantai. Pilihan waktunya terdiri dari satu detik, lima detik, 30 detik, dan 300 detik.

Bagaimana hasilnya?

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa faktor terbesar dalam proses transfer bakteri adalah kelembapan makanan, yang diikuti jenis permukaan yang dijatuhkan. Dalam hal ini, semangka menjadi makanan yang tingkat kelembapannya lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya.

Selain itu, semakin lama makanan melakukan kontak dengan permukaan lantai, maka makin banyak juga bakteri yang berpindah.

"Perpindahan bakteri dari permukaan ke makanan paling dipengaruhi oleh kelembapan. Bakteri tidak memiliki kaki, mereka bergerak mengikuti kelembapan. Semakin basah makanan, semakin besar risiko pencemarannya," yang dikutip dari Sciencealert, Selasa (6/4/2021).

"Selain itu, waktu kontak makanan yang lebih lama biasanya menghasilkan transfer lebih banyak bakteri dari setiap permukaan ke makanan," lanjutnya.

Kesimpulannya, semakin lama makanan melakukan kontak dengan permukaan lantai, meski hanya lima detik, cukup untuk bakteri berpindah terutama pada makanan yang lembab.

"Bakteri bisa berpindah dari permukaan lantai ke makanan secara instan, meski hanya lima detik," pungkasnya.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)