Rabu, 07 Apr 2021 15:00 WIB

Mengenal Hipotiroidisme, Penyakit yang Diidap Baekhyun EXO

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
baekhyun exo gelar konser Baekhyun idap penyakit hipotiroidisme. (Foto: Baekhyun SNS)
Jakarta -

Salah satu personel grup boyband Korea Selatan, Baekhyun EXO dilaporkan mengidap penyakit hipotiroidisme. Disebutkan, penyakit ini telah diidapnya sejak menginjak bangku sekolah menengah.

Namun, baru diketahui publik saat Baekhyun akan mulai menjalani wajib militer pada 6 Mei mendatang. Mengutip laporan Dispatch, jika hipotiroidisme yang dialaminya kambuh, tenggorokan dan wajah Baekhyun akan membengkak.

Apa itu hipotiroidisme?

Dikutip dari Mayo Clinic, hipotiroidisme merupakan suatu kondisi kelenjar tiroid kekurangan hormon. Kelenjar tiroid terletak di leher dan berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid yang mengatur metabolisme tubuh.

Apabila tidak segera diobati, hipotiroidisme dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti obesitas, nyeri sendi, kemandulan, dan penyakit jantung.

Apa saja gejala hipotiroidisme?

Gejala hipotiroidisme bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari seberapa rendah kadar hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Berikut sejumlah gejala hipotiroidisme:

  • Mudah lelah
  • Sensitif pada cuaca dingin
  • Sembelit atau susah buang air besar
  • Kulit kering
  • Berat badan mudah naik
  • Otot-otot terasa nyeri dan kaku
  • Wajah bengkak dan suara menjadi serak
  • Rambut rontok dan tipis
  • Kelenjar tiroid membesar (gondok)
  • Denyut jantung melambat.

Apa penyebab hipotiroidisme?

Hipotiroidisme dapat terjadi saat kelenjar tiroid tak lagi dapat memproduksi hormon dalam jumlah yang cukup. Gangguan hormon ini bisa disebabkan oleh:

1. Penyakit autoimun

Penyebab paling umum dari hipotiroidisme adalah penyakit hashimoto. Gangguan hormon ini membuat tubuh menghasilkan antibodi yang justru menyerang kelenjar tiroid itu sendiri.

2. Pengobatan kelenjar tiroid

Pengobatan kelenjar tiroid seperti radioterapi di area leher dapat merusak sel-sel kelenjar tiroid, sehingga kelenjar tersebut kesulitan untuk memproduksi hormon. Selain itu, operasi pengangkatan kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab hipotiroidisme.

3. Obat-obatan tertentu

Penggunaan beberapa jenis obat tertentu, seperti lithium, mitotane, dan amiodarone dapat menurunkan produksi hormon tiroid, sehingga bisa berisiko menyebabkan hipotiroidisme.



Simak Video "Soal Wacana Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Masuk Mal di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)