Rabu, 07 Apr 2021 17:57 WIB

Kasihan! Pria Ini Ditolak 'Drive Thru' Vaksin COVID-19 Gara-gara Naik Sepeda

Ayunda Septiani - detikHealth
Old and rusty bicycle parked against a gray city wall Gowes (Foto: Getty Images/iStockphoto/tonyoquias)
Jakarta -

Seorang pria lanjut usia ditolak oleh petugas kesehatan saat ingin disuntik vaksin COVID-19 di layanan drive thru. Ia datang naik sepeda, bukan naik mobil seperti yang lainnya.

Pria 62 tahun bernama John Cooper ini mengayuh sepedanya dari rumah ke pusat vaksinasi di Carmarthen, Wales.

Cooper pun terpaksa keluar dari antrean dan kembali ke tempat itu lagi menggunakan taksi jika ingin disuntik pada hari yang sama. Sebab, pusat vaksinasi yang didatanginya hanya menyediakan layanan drive-thru.

Cooper pun merasa kecewa dengan informasi dari otoritas kesehatan setempat yang tidak menyebut tempat vaksinasi khusus untuk drive-thru atau khusus untuk menggunakan mobil.

"Saya kira ini bisa menjadi masalah bagi orang-orang yang tidak mampu membeli mobil, pergi jauh-jauh ke sana tanpa mengetahui bahwa mereka harus menggunakan mobil untuk divaksinasi," jelas Cooper, seperti dikutip dari laman Mirror.

Soal penggunaan taksi, Cooper kesal bercampur heran. Cara itu malah akan meningkatkan risiko tertular virus Corona.

"Saya hanya bingung, tentu jadi tidak aman ketika saya memesan taksi kemudian duduk selama setengah jam bersama sopir taksi. Itu merupakan saran konyol," ujarnya.

Ternyata Cooper bukan satu-satunya orang yang datang ke pusat vaksinasi yang tidak mobil dan mengalami perlakuan yang sama. Seorang juru bicara dewan kesehatan setempat menyesalkan kejadian ini dan akan segera memperbaiki pelayanannya.

Meski demikian, juru bicara dewan kesehatan setempat akan menyediakan transportasi bagi siapa saja yang membutuhkan untuk pergi ke tempat vaksinasi.



Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)