Kamis, 08 Apr 2021 22:14 WIB

Menkes: 17 Persen Kasus TB di Indonesia Terjadi di Bawah Usia 15 Tahun

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi tuberkulosis Tuberkulosis (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, penanggulangan penyakit tuberkulosis (TB) harus terus dilakukan. Penyakit TB ini merupakan permasalahan yang besar yang bisa menyerang semua kelompok umur.

"Di Indonesia, sekitar 17 persen kasus TB terjadi pada anak di bawah usia 15 tahun. Jumlah kematian akibat TB di Indonesia hingga 98 ribu orang pertahun," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam talk show daring Stop TB Partnership Indonesia, Kamis (8/4/2021).

"Selain itu, Indonesia saat ini juga menghadapi masalah besar terhadap TB resisten obat," lanjutnya.

Menkes Juga mengatakan angka notifikasi kasus TB di Indonesia menurun, dari 563 ribu pada tahun 2019 menjadi 327 ribu di 2020 lalu. Tingkat keberhasilan pengobatan juga menurun, dari 83 persen di 2019 menjadi 82 persen di 2020.

Untuk itu, Menkes mengingatkan agar pencegahan dan pengendalian TB harus terus dilakukan. Misalnya dengan berperilaku bersih, sehat, dan aktif memeriksakan kesehatan diri serta keluarga ke fasilitas kesehatan.

"Serta mencegah terjadinya penularan TB antar keluarga dengan memberikan imunisasi BCG pada bayi, dan minum obat pencegahan TB sesuai anjuran dokter. Minum obat ini harus teratur dan tuntas bagi mereka yang sakit TB," jelasnya.



Simak Video "Cara Bedakan Penyakit TBC dengan Virus Corona dari Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)