Sabtu, 10 Apr 2021 05:00 WIB

Perlu Tahu! 5 Komplikasi Cacar Ular alias Herpes

Ardela Nabila - detikHealth
Herpes Herpes alias cacar ular (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Herpes zoster (HZ) atau yang biasa dikenal dengan cacar ular dan cacar api merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV). Saat terinfeksi, penyakit ini dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya secara fisik, psikologis, dan sosial.

Hal ini disebabkan oleh karena dampak dari penyakit cacar ular yang mengakibatkan nyeri berkepanjangan atau neuralgia pasca herpes (NPH), yakni salah satu komplikasi cacar ular yang paling banyak dirasakan pasien terinfeksi herpes zoster.

Dokter spesialis kulit dan kelamin sekaligus CEO Klinik Pramudia dr Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan semakin tinggi usia seseorang yang terkena cacar ular, maka semakin tinggi pula komplikasi yang dirasakannya.

"Kira-kira 30 persen populasi pernah mengalami HZ semasa hidupnya. Sedangkan insiden kasus NPH sekitar 10-40 persen dari kasus HZ. Semakin tinggi usia saat terkena HZ, semakin besar terjadinya komplikasi NPH," ungkap dr Anthony dalam webinar Virtual Media Briefing, Kamis (8/4/2021).

Selain NPH, berikut 5 komplikasi herpes zoster atau cacar ular sebagaimana disampaikan oleh dr Anthony dalam pemaparannya:

  1. Pada kulit: jika tidak ditangani dengan benar, herpes zoster dapat mengakibatkan infeksi pada kulit, di mana bakteri penyebab infeksi tersebut dapat terus berkembang.
  2. Pada saraf: nyeri yang disebabkan oleh cacar ular dapat timbul dan dirasakan oleh penderitanya hingga 3 bulan setelah terinfeksi. Komplikasi ini dikenal juga dengan NPH, yakni komplikasi yang paling sering terjadi.
  3. Pada mata: herpes zoster yang muncul di area sekitar atau di dalam mata dapat menyebabkan infeksi pada mata yang menyakitkan hingga berisiko menyebabkan kebutaan.
  4. Pada THT: pasien terinfeksi virus varicella zoster memiliki risiko mengalami gangguan fungsi pendengaran, pengecapan, dan vertigo yang terkadang tidak akan pulih sempurna meski sudah sembuh.
  5. Pada organ dalam: tak hanya merasa nyeri pada bagian kulit terinfeksi, seseorang yang terkena HZ juga bisa merasakan nyeri pada perut serta mengalami gangguan fungsi organ dalam, seperti hati dan nyeri otot pada otot jantung.


Simak Video "Target 208 Juta, Jumlah Vaksinasi Dosis Lengkap Baru Capai 8 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)