Sabtu, 10 Apr 2021 14:18 WIB

Keseringan Googling Soal Penyakit, Wanita Ini Jadi Paranoid

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Seseorang mencari informasi berita hoax Seorang wanita jadi paranoid karena kecanduan googling soal masalah kesehatan. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Seorang wanita berusia 26 tahun menjadi paranoid karena kecanduan mencari berbagai kondisi medis di Google. Wanita bernama Cherelle Farrugia tersebut bisa menghabiskan waktu hingga sembilan jam sehari untuk googling tentang diagnosis penyakit-penyakit berbahaya.

"Saya akan mencari di Google setiap ada kesempatan. Saya mencari mulai dari limfoma, lalu kanker payudara. Hampir semua jenis kanker sudah saya cari," kata Cherelle yang dikutip dari The Sun, Sabtu (10/4/2021).

Paranoid adalah masalah psikologis yang ditandai dengan munculnya rasa takut dan curiga yang berlebihan. Akibat kegiatan itu, Cherelle kecanduan, sempat mengalami kejang-kejang hingga mencoba untuk bunuh diri.

Pihak keluarganya sudah berusaha mencegah Cherelle melakukan kegiatan itu dengan menyita ponselnya. Tetapi, Cherelle berhasil mencari jalan lain dan beralih menggunakan komputer.

Diketahui, kekhawatiran Cherelle akan penyakit itu muncul setelah dirinya melahirkan anak perempuan, Willow, tiga tahun lalu.

"Setelah saya memiliki anak pertama saya, Willow, dua minggu setelahnya saya menemukan adanya kelenjar getah bening yang membengkak di bagian selangkangan saya," jelas Cherelle.

"Saya pun memutuskan untuk mencarinya di Google, yang sebelumnya tidak pernah saya lakukan. Di sanalah saya melakukan kesalahan fatal pertama kalinya," lanjutnya.

Sebelum kecanduan mencari berbagai hal tentang penyakit di Google, Cherelle selalu menelpon dokter untuk berkonsultasi. Ia sama sekali tidak pernah mencarinya di Google.

"Saya ingat hari itu saya mencari di Google selama enam jam non-stop saat sedang menyusui. Hanya membaca, membaca, membaca, dan saya meyakinkan diri sendiri bahwa saya mengidap limfoma,"

Namun, kondisi Cherelle sudah mulai membaik. Ia merasa jauh lebih baik setelah menjalani konseling.



Simak Video "Sosok Marie Thomas yang Jadi Google Doodle Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)